Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pujian untuk Gadis Kecil Pemberani yang Selamat dari Kecelakaan Pesawat

Kompas.com - 05/01/2015, 15:38 WIB
KOMPAS.com — Seorang anak perempuan berusia tujuh tahun menuai pujian setelah ia mencoba mencari bantuan pasca-selamat dari kecelakaan pesawat di Kentucky.

Anak perempuan yang berasal dari Nashville, Illinois, itu diketahui bernama Sailor Gutzler. Ia berjalan sejauh hampir dua kilometer menelusuri hutan yang gelap dan dingin dengan luka-luka di sekujur tubuhnya. Ia berjalan mencari rumah terdekat untuk mencari pertolongan.

Kecelakaan itu menewaskan kedua orangtua, kakak, dan sepupunya.

Kepada BBC, warga Lyon County, Larry Wilkins (71), mengatakan bahwa ia membukakan pintu untuk "gadis pemberani" itu, Jumat (2/1/2014) lalu, dan ia mengatakan bahwa orangtua si gadis telah meninggal.

Pesawat kemudian ditemukan pada hari Jumat, sekitar 30 mil (50 km) timur kota Paducah bersama jenazah orangtua, kakak, dan sepupu gadis kecil itu.

Kepolisian negara bagian Kentucky merinci anggota keluarga yang tewas, yakni Marty Gutzler (49) dan Kimberly Gutzler (45), putri mereka yang bernama Piper Gutzler (9), dan sepupu Piper yang berusia 14 tahun, Sierra Walder.

Berantakan

Sailor berjalan 1,6 km melewati hutan lebat dengan suhu sekitar 4 celsius untuk mencapai rumah Wilkins di Lyon County pada Jumat malam.

"Saya sendiri tidak akan berjalan kaki melewati hutan itu pada siang hari," kata Wilkins. "Hutan itu 'berantakan'."

Dia menambahkan bahwa Sailor menangis dan jelas terlihat bahwa ia "telah melewati neraka".

"Hidungnya berdarah, dan kakinya tergores parah," katanya.

Wilkins menduga, anak itu mengikuti arah cahaya lampu dari rumahnya.

"Bisakah Anda bayangkan, anak berusia tujuh tahun kehilangan ibu, adik, dan sepupunya dalam kecelakaan pesawat, dan kemudian harus berjalan seperti yang dia lakukan dari sana ke sini?"

Anak itu dilaporkan telah keluar dari rumah sakit pada hari Sabtu setelah dirawat karena sejumlah luka ringan yang dideritanya.

Letnan Brent White dari kepolisian negara bagian Kentucky mengatakan, "Saya sendiri mempunyai anak berusia 8 tahun. Benar-benar sebuah keajaiban ketika saya mengetahui ada anak berusia tujuh tahun bisa bertahan hidup dengan berjalan sendirian melewati hutan lebat dan beberapa daerah yang betul-betul sulit, serta kondisi cuaca buruk yang mengerikan."

Administrasi penerbangan federal mengatakan, pengatur lalu lintas udara kehilangan kontak dengan pesawat jenis Piper PA-34 setelah pilot melaporkan masalah pada mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com