Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boko Haram Kuasai Markas Militer Nigeria

Kompas.com - 05/01/2015, 01:51 WIB


KOMPAS.com - Kelompok militan Boko Haram menguasai sebuah kota dan markas militer multinasional penting di Nigeria timur laut, kata sejumlah pejabat dan saksi mata.

Seorang senator di negara bagian Borno mengatakan pasukan meninggalkan markas di kota Baga setelah diserang hari Sabtu (3 Januari).

Penduduk Baga, yang melarikan diri dengan menggunakan perahu ke negara tetangga Chad, mengatakan banyak orang tewas dan kota tersebut dibakar.

Baga, tempat terjadinya pembantaian militer Nigeria di tahun 2013, adalah kota terakhir di daerah Borno Utara yang masih dikuasai pemerintah.

Di tempat tersebut terdapat markas Gugus Kerja Bersama Multinasional, MNTJF. yang terdiri dari pasukan Nigeria, Chad, dan Niger.

Dibentuk pada tahun 1998 untuk mengatasi kejahatan antar perbatasan di daerah Danau Chad, pasukan tersebut akhir-akhir ini berusaha mengatasi Boko Haram.

Kelompok militan tersebut menyerang sejumlah kota dan desa hampir setiap hari, menculik penduduk termasuk anak laki-laki dan perempuan, lapor pengamat BBC Afrika, Mary Harper.

Militer, termasuk penasehat dan pengamat Barat, sepertinya tidak mampu mengatasi masalah, tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com