Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, AirAsia Tergelincir di Filipina

Kompas.com - 30/12/2014, 19:33 WIB
SINGAPURA, KOMPAS.com — Pesawat AirAsia Z2272 jenis Airbus A320 dengan rute Manila ke Bandara Internasional Kalibo, dekat kawasan turis Boracay, dilaporkan tergelincir hingga melewati landasan pacu pada Selasa (30/12/2014) sore. Tak ada korban dalam insiden ini.

Akibatnya, tangga darurat di pesawat tersebut dibuka sehingga penumpang dapat segera turun.

Seorang penumpang AirAsia Z2272, Jet Damazo-Santos, melaporkan insiden ini. "Baru saja mendarat di Kalibo dengan pesawat AirAsia yang tergelincir melewati landasan pacu," kata Jet melalui akun Twitter-nya, @Jetdsantos, Selasa, seusai dilansir The Strait Times.

Ia mengatakan, insiden ini dipicu oleh badai tropis Seniang yang datang secara tiba-tiba di wilayah tersebut.

"Mesin (pesawat) segera dimatikan. Kami diminta meninggalkan barang bawaan dan secepatnya meninggalkan pesawat. Truk pemadam kebakaran telah menunggu. Terlihat (insiden) ditangani dengan baik," tambah Jet.

Pesawat ini dijadwalkan berangkat pukul 16.15, tetapi tertunda selama dua jam akibat cuaca buruk.

Insiden ini merupakan yang kedua kalinya dalam 48 jam di Filipina. Sebelumnya, AirAsia sempat mengalami masalah di roda saat berada di kota Tagbilaran, Bohol, Minggu (28/12/2014), sehingga penerbangan dibatalkan.

Hal ini juga terjadi di tengah-tengah insiden mematikan AirAsia QZ8501 yang jatuh di Selat Karimata. Pesawat ini membawa 162 orang, terdiri dari 155 penumpang (138 orang dewasa, 16 anak, 1 bayi) serta 2 pilot dan 5 kru kabin.

Pesawat berangkat dari Surabaya, Sabtu (28/12/2014) pukul 05.20 pagi, dan seharusnya sampai di Singapura pukul 08.30 waktu setempat atau pukul 07.30 WIB.

An AirAsia plane overshot the runway at Kalibo International Airport near Boracay, a popular Philippine tourist destination, on Tuesday evening. -- PHOTO: TWITTER/@JETDSANTOS - See more at: http://www.straitstimes.com/news/asia/south-east-asia/story/airasia-flight-overshoots-runway-philippines-no-reported-injuries-20#sthash.Z9swGEEn.dpuf
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com