Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Tempat Kelahiran Hitler Memusingkan Austria

Kompas.com - 30/12/2014, 10:30 WIB
KOMPAS.com - Bertahun-tahun pemerintah Austria menyewa rumah kelahiran pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler, di kota kecil Braunau agar tidak disalahgunakan kelompok Neo-Nazi.

Dahulu rumah itu pernah dijadikan tempat penitipan bagi anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Tetapi sekarang rumah itu dibiarkan kosong, karena pemiliknya tidak menyetujui setiap rencana terhadap rumah tersebut.

Braunau adalah kota kecil di Austria utara, di dekat perbatasan dengan Jerman. Tetapi kota itu memiliki beban warisan sejarah.

Tidak jauh dari alun-alun kota, berdiri bangunan rumah peninggalan abad ke-17 di mana Adolf Hitler lahir pada tahun 1889.

Keluarga Hitler, yang menyewa ruangan lantai atas, bukanlah warga asli Braunau. Ayahnya, Alois, petugas pajak, ditugaskan di kota tersebut.

Di rumah itu, Adolf Hitler hanya tinggal selama beberapa minggu, sebelum keluarganya pindah ke alamat lain di kota itu.

Daya tarik bagi Neo Nazi

Warga setempat mengatakan rumah itu masih menarik beberapa simpatisan Neo-Nazi.  "Saya bahkan menyaksikan orang-orang dari Italia atau dari Perancis datang ke sini ... untuk tujuan pemujaan," kata Josef Kogler, seorang guru di Braunau.

Kementerian Dalam Negeri Austria mengkhawatirkan rumah itu akan disalahgunakan oleh kelompok Neo-Nazi sebagai tempat ziarah, sehingga mereka menyewanya sejak tahun 1972.

Selama bertahun-tahun rumah itu digunakan sebagai tempat penitipan anak bagi anak-anak kebutuhan khusus. Namun pada tahun 2011, masa sewa itu berakhir.

Menurut Florian Kotanko, seorang sejarawan lokal, pemilik rumah itu yaitu Gerlinde Pommer tidak setuju apabila bangunan rumah direnovasi.  "Dia tidak mengizinkan rumah itu diubah," kata Kotanko.

Sebelumnya sudah ada tawaran untuk mengubah itu menjadi apartemen atau museum. Bahkan seorang warga Rusia menawar untuk membelinya dan berencana membongkarnya.

Pro dan kontra

Kementerian Dalam Negeri Austria baru-baru ini telah meminta masukan berbagai pihak untuk mencari jalan keluar terhadap keberadaan rumah tersebut.

Sejauh ini pemilik rumah, Gerlinde Pommer tidak tersedia berkomentar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com