Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hakim Tunanetra Buat Sejarah Baru di Mahkamah Agung Michigan

Kompas.com - 29/12/2014, 15:14 WIB
KOMPAS.com — Dalam beberapa hari ini, hakim tunanetra Richard Bernstein secara resmi akan menjadi hakim di Mahkamah Agung Michigan. Namun, Bernstein telah bekerja keras sejak November lalu, mempersiapkan 10 kasus dengan cara yang sangat luar biasa, yaitu dengan mengingat hal-hal penting setiap kasus yang dibacakan kepadanya oleh seorang asisten.

Bernstein, yang berusia 41 tahun, mengalami kebutaan sejak lahir. Setelah memenangi pemilu negara bagian, Bernstein meminta seorang asisten di kantor pengacara keluarganya di Detroit untuk membacakan kepadanya ringkasan kasus-kasus pengadilan menjelang perdebatan yang akan diadakan pertengahan Januari 2015, termasuk satu kasus mariyuana medis dan perselisihan perburuhan yang melibatkan ribuan PNS.

Michigan tidak pernah memiliki hakim tunanetra sebelumnya pada tingkat Mahkamah Agung. Hanya beberapa negara bagian yang memiliki hakim tunanetra, seperti hakim Richard Teitelman di Missouri yang mengalami kebutaan sejak usia 13 tahun dan hakim David Tatel yang juga tunanetra dan berdinas di pengadilan banding federal di Washington DC.

Tidak diragukan lagi jika para pemilih mendukung Bernstein yang memang memiliki latar belakang menakjubkan. Ia pernah mengikuti 15 lomba lari maraton dan pada tahun 2008 ia menyelesaikan kompetisi triatlon dengan naik sepeda sejauh 180 kilometer, lari sejauh 42 kilometer, dan renang sejauh 4 kilometer, dengan bantuan beberapa orang. Tahun 2012, Bernstein menjadi berita utama media di New York setelah ditabrak oleh seorang pesepeda ketika sedang joging di Central Park. Ia dirawat selama beberapa pekan di rumah sakit akibat kecelakaan itu.

Bernstein juga dikenal luas di Michigan Tenggara di mana kantor pengacara keluarganya kerap memasang iklan di televisi. Ia menghabiskan lebih dari 1,8 juta dollar dari kantongnya sendiri untuk kampanye menjadi hakim di Mahkamah Agung Michigan. Slogan kampanyenya "blind justice" atau "pengadilan itu buta".

Sebagai salah satu dari dua anggota Partai Demokrat di Mahkamah Agung yang beranggotakan tujuh hakim itu, Bernstein tampaknya tidak akan memengaruhi posisi mahkamah yang konservatif. Namun, ia diperkirakan akan membuat perubahan.

Bernstein akan dilantik pada 1 Januari 2015. Timothy MacLean, asistennya selama tiga tahun terakhir, telah membacakan ringkasan kasus-kasus sebagai persiapan menghadapi beberapa sidang pertama Mahkamah Agung pada 13 Januari mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com