Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot Jordania Ditawan ISIS Setelah Pesawatnya Ditembak Jatuh

Kompas.com - 25/12/2014, 03:08 WIB

AMMAN, KOMPAS.com — Militer Jordania mengonfirmasi bahwa pilotnya ditahan oleh kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) setelah pesawat yang dibawanya jatuh di Suriah, Rabu (24/12/2014).

"Dalam misi Rabu pagi yang dilakukan oleh sejumlah pesawat milik Angkatan Udara Jordania untuk mencari persembunyian organisasi teroris ISIS di wilayah Raqa, salah satu pesawat jatuh dan pilotnya ditawan," kata salah satu sumber militer Jordania, dikutip AFP dari Petra.

Pejabat militer itu tidak menjelaskan penyebab jatuhnya pesawat. Namun, berdasarkan kelompok yang melakukan monitor terhadap ISIS, pesawat itu jatuh setelah ditembak dengan misil anti-pesawat.

ISIS sudah merilis sejumlah foto penawanan pilot Jordania tersebut. Tidak hanya itu, ISIS juga memperlihatkan kartu identitas militer sang pilot yang diketahui merupakan Letnan Satu Maaz al-Kassasbeh dan berusia 26 tahun.

AFP, mengutip situs Saraya, mengatakan bahwa ayah dari pilot tersebut, Youssef, sudah mendapatkan informasi mengenai nasib anaknya oleh AU Jordania.

"Anak saya yang lain sudah bertemu dengan komandan AU Jordania yang mengonfirmasi bahwa anak saya, Maaz, ditangkap ISIS," ucap Youssef.

Ketika itu, pihak militer Jordania mengaku "berusaha menyelamatkan nyawanya". Raja Jordania Abdullah II juga disebut Youssef mengikuti perkembangan peristiwa ini.

Menurut Youssef, anaknya sudah bertugas di AU Jordania selama enam tahun.

Youssef pun berharap ISIS bersedia "memberi maaf dan melepaskan anaknya".


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com