Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

John Kerry Mengenang 10 Tahun Tsunami Aceh

Kompas.com - 24/12/2014, 21:54 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry turut memperingati 10 tahun tsunami yang meluluhlantakkan Aceh. Kenangan dan harapannya terkait bencana alam yang menggguncang kawasan selatan Asia itu termuat di situs kementeriannya.

"Saya tak akan pernah melupakan semua pemberitaan soal tsunami di Samudera Hindia pada 10 tahun lalu. Kota-kota hancur dari Indonesia sampai Somalia, air menyapu rumah penduduk, ribuan orang tewas dan yang lain terpisah dari keluarganya," papar Kerry, dalam pernyataan yang ditulis pada Senin (22/12/2014) itu.

Kerry pun mengajak semua orang sejenak berhenti dari aktivitas saat ini, untuk mengenang orang-orang yang menjadi korban tsunami, dari para nelayan dan petani lokal sampai para wisatawan yang sedang berada di lokasi tsunami pada saat itu.

"Saya tahu, tak ada kata-kata yang tepat untuk mengungkapkan kehilangan itu. Tak ada cara untuk menghapus luka hati para orangtua yang kehilangan anak-anaknya atau anak yang kehilangan orangtuanya dan dipaksa menjadi lebih cepat dewasa daripada umur sebenarnya."

Dalam pernyataannya itu, Kerry menyatakan pula penghargaan untuk jutaan orang yang telah turun tangan membantu upaya pemulihan di kawasan terdampak tsunami tersebut. Penghargaan lebih tinggi dia sampaikan kepada mereka yang masih melanjutkan kontribusinya itu, setelah tsunami lewat bertahun-tahun.

"Tsunami ini merupakan salah satu yang terburuk yang pernah kita lihat, tetapi sekaligus memunculkan banyak hal terbaik dari kita," sebut Kerry. Namun, ujar dia, tsunami tersebut juga sekaligus menggemakan peringatan bagi para penghuni Bumi.

Selama ini, tutur Kerry, sejumlah wilayah sudah kerap mengalami banjir dan peningkatan permukaan tinggi air. Namun, kata dia, para peneliti selama bertahun-tahun sudah menyuarakan pula bahwa perubahan iklim dapat berarti akan ada badai yang lebih banyak dan merusak. "Kecuali kita berupaya menghentikan dan membalikkannya."

"Pada hari kita mengenang tsunami ini, kami berduka bersama seluruh saudara-saudara kita di Asia dan Afrika yang terdampak bencana tersebut," tulis Kerry. Dia pun menjanjikan komitmen membantu pemulihan daerah-daerah yang terdampak bencana itu, menjadi lingkungan yang lebih aman dari bencana sebagai warisan bagi anak cucu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com