Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera CCTV Rekam Serangan Cairan Asam terhadap Seorang Wanita India

Kompas.com - 23/12/2014, 23:18 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com - Sebuah rekaman video mengejutkan, Selasa (23/12/2014), memperlihatkan dua pria menyiramkan cairan asam ke arah seorang perempuan di sebuah pasar yang sibuk di New Delhi.

Insiden itu terjadi di pasar Rajouri Garden, New Delhi ketika korban yang berusia 30-an itu pergi ke sebuah rumah sakit tempat dia bekerja sebagai dokter dengan mengendarai sebuah sepeda motor.

Rekaman CCTV yang agak suram itu menayangkan dua pria yang juga mengendarai sepeda motor dengan wajah yang ditutup mendekati sepeda motor korban yang wajahnya juga ditutupi kain dan tiba-tiba menyiramkan cairan asam.

Begitu terkena cairan asam perempuan itu berteriak minta tolong, namun para pejalan kaki dan sebagian lagi yang mengendarai sepeda lewat begitu saja tanpa memberikan bantuan.

Stasiun televisi NDTV melaporkan cairan asam itu mengenai sebagian wajah perempuan itu. Polisi kini tengah memeriksa rekaman CCTV tersebut untuk mengidentifikasi pelaku.

Serangan cairan asam khususnya terhadap perempuan sudah lama terjadi di India. Sasaran utama serangan semacam ini adalah perempuan dan biasa dilakukan di tempat-tempat umum sebagai bentuk pembalasan terkait pembayaran mas kawin, sengketa tanah atau lamaran yang ditolak.

Namun, serangan kali ini agak berbeda karena korban kepada polisi mengatakan tidak mengenal para pelaku atau mencurigai seseorang.

Biro Catatan Kriminal Nasional (NCRB) mencatat serangan terhadap perempuan di India cenderung terus meningkat. Data 2013 menunjukkan terjadi 309.546 kasus serangan terhadap perempuan meningkat dari angka 244.270 serangan pada 2012.

Data NCRB juga mencatat terjadi 225 serangan cairan asam antara rentang waktu 2010 hingga 2012. Mereka yang selamat dari serangan cairan asam ini biasanya harus menanggung bekas luka seumur hidupnya dan disingkirkan secara sosial.

Para Juli tahun lalu Mahkamah Agung India memberikan waktu tiga bulan bagi negara-negara bagian India untuk memperketat aturan penjualan cairan asam.

Namun, para aktivis hak-hak perempuan mengatakan hingga saat ini masih sangat mudah bagi siapapun di India membeli cairan asam yang dijual dengan harga yang sangat murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com