Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Van Tabrak Pengunjung Pasar Natal di Perancis, 9 Cedera

Kompas.com - 23/12/2014, 09:54 WIB
NANTES, KOMPAS.com - Sebuah mobil van menabrak para pengunjung pasar Natal luar ruangan di Nantes, Perancis, Senin (22/12/2014). Insiden tersebut melukai sedikitnya sembilan orang selain sopir van itu, kata polisi. Empat orang luka serius, plus si sopir.

Sopir van itu lalu menikam dirinya dua kali setelah insiden tersebut, tetapi lukanya diperkirakan tidak mengancam nyawanya, kata Pierre-Henry Brandet, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Perancis.

Menteri Dalam Negeri Perancis, Bernard Cazeneuve, menuju ke Nantes pada Senin malam guna bertemu dengan keluarga para korban dan petugas penyelamat, kata Brandet kepada televisi afiliasi CNN, BFM-TV.

Menurut dia, penyelidikan sedang berlangsug tetapi sejauh ini jaksa Nantes mengatakan insiden itu tampaknya merupakan kasus yang terisolasi dan bukan sebuah serangan teroris. Brandet mengatakan, pihak berwenang sedang menyelidiki notebook yang ditemukan bersama si penyerang.

Tidak jelas apakah insiden itu terkait dengan insiden pada hari Minggu di Dijon, Perancis, di mana sejumlah saksi mata mengatakan seorang pria berpekik "Allahu Akbar" ketika menabrakan kendaraannya ke arah para pejalan kaki. Setidaknya 12 orang terluka oleh kendaraan itu, kata polisi di Dijon, kota di Perancis timur. Seorang pria telah ditangkap sehubungan dengan kasus itu. BFM-TV melaporkan bahwa saksi mata mendengar sopir mobil itu memekikan kalimat "Allahu Akbar".

Pada hari Sabtu, seorang pria menikam tiga petugas polisi di Perancis tengah sambil  menerikakan kalimat yang sama. Pihak berwenang kontraterorisme Perancis sedang menyelidiki serangan itu.

Perdana Menteri Perancis mengatakan pada Senin pagi bahwa negaranya tidak pernah menghadapi ancaman serius terorisme seperti halnya sekarang.

Polisi belum mengungkapkan kemungkinan motif dalam sejumlah insiden dengan kendaraan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com