Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Ancam Serang Gedung Putih dan Pentagon

Kompas.com - 22/12/2014, 16:59 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com — Pemerintah Korea Utara, Senin (22/12/2014), mengancam akan menyerang Amerika Serikat karena menganggap Presiden Barack Obama menyebarkan rumor Pyongyang mendalangi serangan cyber terhadap Sony Pictures.

Komisi pertahanan nasional yang dipimpin langsung Kim Jong Un itu menegaskan bahwa angkatan bersenjata Korea Utara yang berkekuatan 1,2 juta personel sudah siap melakukan semua jenis perang terhadap AS.

"Serangan balik terkeras akan diarahkan langsung ke Gedung Putih, Pentagon, dan seluruh daratan AS yang merupakan sampah terorisme," demikian pernyataan Departemen Kebijakan Komisi Pertahanan Nasional Korea Utara yang dilansir kantor berita KCNA.

Pernyataan ini menegaskan betapa sensitifnya Pyongyang terhadap sebuah film buatan AS yang mengisahkan rencana pembunuhan terhadap pemimpin negeri itu, Kim Jong Un.

Pemerintah AS menuding Pyongyang mendalangi peretasan yang kemudian meningkat menjadi ancaman serangan terhadap gedung-gedung bioskop dan penonton film AS. Itulah sebabnya Sony Pictures akhirnya menunda rilis film The Interview.

Presiden Obama, yang kemudian berjanji akan merespons secara proporsional serangan dunia maya ini, kepada CNN mengatakan, Washington tengah mempertimbangkan untuk mengembalikan Korea Utara ke dalam daftar negara sponsor terorisme.

Dalam wawancara itu, Obama juga menegaskan bahwa serangan cyber yang dilakukan Korea Utara belum dapat dikatakan sebagai sebuah pernyataan perang terhadap AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com