Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Putin Bukan Ahli Catur, Dia Bermasalah dengan Ekonomi Rusia

Kompas.com - 22/12/2014, 03:18 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menuai banyak kritik atas kebijakan luar negerinya yang dianggap 'lembek' terhadap Rusia, terutama menanggapi krisis yang terjadi di Ukraina. Namun, Obama membantah tuduhan bahwa dia telah dipecundangi oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dalam arena politik internasional.

Dalam wawancara khusus dalam program "State of Union" di stasiun televisi CNN, Senin (22/12/2014) pagi, Obama menyebut Putin bukanlah seorang ahli strategi yang berhasil melakukan manuver terhadap Barat dan AS. Obama membantah mitos kehebatan Putin dengan mengatakan, "Banyak kisah yang menyebut bagaimana dia adalah seorang ahli catur yang manuvernya mengalahkan Barat dan Obama, dan begini dan begitu".

Tak hanya itu, Obama malah menyerang Putin atas krisis ekonomi yang saat ini terjadi di Rusia. Tren ekonomi di AS yang terus meningkat dan rencana The Federal Reserve untuk menaikkan tingkat suku bunga di AS memang menjadikan dollar AS makin menguat, dan menjatuhkan mata uang rubel milik Rusia.

"Dan sekarang, dia (Putin) berhadapan dengan kejatuhan mata uangnya, krisis finansial yang besar dan penurunan ekonomi yang cukup besar," kata Obama.

Obama kemudian mengatakan, AS sudah "sangat tegas" terhadap sejumlah negara yang dianggap bertentangan dengan kepentingan AS atau melawan hukum internasional. Presiden AS ke-44 ini juga membantah tuduhan politik luar negeri "knee jerk", atau yang politik beraksi terlebih dulu tanpa memikirkan akibatnya.

"Saya tidak setuju dengan (politik) seperti itu," ucap Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com