Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembakan 2 Polisi, Buntut Rentetan Insiden Rasial

Kompas.com - 21/12/2014, 06:12 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
NEW YORK, KOMPAS.com - Dua polisi New York, Amerika Serikat, ditembak mati di Brooklyn, Sabtu (20/12/2014). Insiden ini menambah panjang insiden rasial yang melibatkan polisi dan warga kulit hitam di Amerika.

Penembakan polisi ini terjadi di tengah kemarahan publik atas kematian lelaki kulit hitam tak bersenjata oleh polisi kulit putih, yang kemudian dewan juri di pengadilan pun tak melakukan penuntutan atas polisi itu.

"Doa kami bersama anggota NYPD yang ditembak mati saat bertugas, hari ini, di Brooklyn," tulis Kepolisian New York (NYPD) dalam akun Twitter-nya.

Sebelumnya, juru bicara NYPD Sersan Lee Jones mengonfirmasi kematian kedua polisi itu pada pukul 14.50 waktu setempat atau pukul 21.50 WIB. Lokasi penembakan adalah di sudut Jalan Myrte dan Tompkins di wilayah satuan polisi 79.

Kedua petugas disebut ditembak begitu mengenakan seragam dan duduk di mobil polisi, dalam jam tugas lembur sebagai bagian dari latihan anti-terorisme. Mereka, menurut kepolisian setempat, ditembak oleh satu orang yang mendekati mobil patroli itu.

Media setempat mengatakan penembak polisi ini kabur dengan berjalan kaki ke arah stasiun metro, lokasi dia kemudian ditemukan tewas. Belum dapat diapastikan apakah dia menembak dirinya sendiri atau bukan.

Beberapa waktu lalu, keputusan dewan juri di pengadilan yang memutuskan tak mengadili polisi kulit putih yang menembak mati Eric Garner--lelaki kulit hitam tak bersenjata--memicu kemarahan publik di New York dan wilayah lain di kota-kota di Amerika.

Keputusan dewan juri di New York tersebut ditingkahi pula vonis serupa di Ferguson, Missouri, yang juga memicu kerusuhan di sana dan kota-kota di seluruh Amerika.

Di pinggiran St Louis, dua jam dari New York, telah menjadi pusat unjuk rasa dan ketegangan rasial setelah Michael Brown, seorang lelaki kulit hitam berumur 18 tahun, ditembak mati oleh polisi kulit putih pada 9 Agustus 2014.

Bulan lalu, seorang polisi pemula menembak seorang pria kulit hitam bersenjata berusia 28 tahun di tangga salah satu apartemen di Brooklyn.

Kasus-kasus tersebut menambah panjang daftar insiden rasial antara polisi dengan warga Afro-Amerika, setelah sebelumnya seorang bocah kulit hitam berumur 12 tahun ditembak mati oleh polisi di Ohio karena bermain dengan pistol mainan bersama teman-temannya di taman bermain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com