Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mana Kematian karena Ebola Paling Banyak Terjadi?

Kompas.com - 21/12/2014, 04:16 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

GENEVE, KOMPAS.com - Sejumlah negara menjadi endemi ebola, terutama Sierra Leone, Liberia, dan Guinea. Selain itu, angka kematian tinggi juga dialami para petugas kesehatan yang menangani pasien atau mereka yang meninggal karena ebola.

Ini rinciannya:

Sierra Leone
Kasus ebola terjadi paling banyak di negara ini per 16 Desember 2014, melampaui Liberia yang sudah jauh lebih lama terhantam penyakit tersebut. Di Sierra Leone, tercatat ada 8.759 kasus infeksi ebola, dengan 2.477 kematian, per tanggal itu.

Liberia
Negara yang dianggap paling lama berhadapan dengan ebola ini mulai memperlihatkan penurunan angka penularan dalam beberapa bulan terakhir. Per 16 Desember 2014, tercatat 7.819 kasus ebola di sini, dengan 3.346 kematian terjadi.

Guinea
Di negara inilah, ledakan kasus ebola dimulai pada tahun lalu. Angka kasus ebola di negara ini tercatat ada di kisaran 2.453 dengan 1.550 orang meninggal.

Petugas kesehatan

Ebola adalah penyakit paling mematikan yang dikenal sejauh ini, menular hanya lewat kontak langsung dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi virus ini, dengan gejala awal berupa demam atau muntah.

Orang-orang yang merawat para penderita ebola atau menangani jasad mereka yang meninggal karena ebola, adalah mereka yang paling rentan tertulari. WHO menyebutkan ada 649 tenaga kesehatan yang diketahui telah bersinggungan dengan penyakit ini, dan dari jumlah itu 365 di antaranya meninggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com