Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Undang Presiden Korut Peringati 70 Tahun Berakhirnya Perang Dunia II

Kompas.com - 20/12/2014, 07:58 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Presiden Rusia Vladimir Putin mengundang pemimpin Korea Utara Kim Jong Un untuk menghadiri perayaan pada tahun depan yang menandai 70 tahun berakhirnya Perang Dunia II. Demikian dilaporkan kantor-kantor berita Rusia, Jumat (20/12/2014).

"Ya, undangan tersebut sudah dikirimkan," kata juru bicara Putin, Dmitry Peskov, kepada kantor berita TASS.

Moskwa tahun depan akan melangsungkan peringatan penyerahan Nazi Jerman ke Uni Soviet.

Pada 2010, Rusia menggelar parade militer terbesar sejak runtuhnya Uni Soviet dan mengundang sekelompok pemimpin, termasuk Presiden Tiongkok saat itu, Hu Jintaou, dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Rusia merupakan salah satu dari sedikit sekutu yang dimiliki Korea Utara, bersama Tiongkok. Kedua negara itu menentang desakan Perserikatan Bangsa-Bangsa agar Pyongyang dibawa ke Pengadilan Kejahatan Internasional terkait catatan hak asasi manusianya.

Mendiang pemimpin Korea Utara Kim Jong Il berkunjung ke Rusia pada Agustus 2011 untuk melakukan pertemuan yang jarang terjadi dengan Presiden Rusia Dmitry Medvedev. Kim Jong Il meninggal dunia pada Desember tahun itu dan digantikan oleh putranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com