Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FBI: Korea Utara di Belakang Aksi Peretasan Sony Pictures!

Kompas.com - 20/12/2014, 01:07 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
WASHINGTON, KOMPAS.com — Biro Investigasi Federal (FBI), Jumat (19/12/2014), menyatakan Korea Utara bertanggung jawab atas serangan cyber yang merusak terhadap Sony Pictures.

"FBI telah mendapatkan informasi yang cukup untuk menyimpulkan bahwa Pemerintah Korea Utara bertanggung jawab atas aksi ini," ujar FBI dalam pernyataannya, Jumat.

"Mengidentifikasi, memburu, dan membebankan biaya dan konsekuensi kepada perseorangan, kelompok, atau negara dengan menggunakan dunia maya berarti mengancam Amerika Serikat atau kepentingan Amerika," lanjut pernyataan FBI tersebut.

Serangan cyber kepada perusahaan film raksasa ini bertujuan untuk membatalkan pemutaran film The Interview dalam pekan Natal, sebuah film komedi satire tentang aksi fiksi Badan Intelijen Amerika (CIA) membunuh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Peretas telah mengancam para calon penonton film ini. Jaringan komputer Sony juga diretas, dengan sejumlah e-mail, naskah, dan data internal lainnya, termasuk data gaji dan rekam medis pegawainya, telah dibocorkan karenanya.

"Kami sangat prihatin dengan daya rusak dari serangan ini ke entitas di sektor privat dan warga biasa yang kerja di sana," tulis FBI.

Sementara itu, sumber AFP di Sony berkeyakinan bahwa Korea Utara berada di balik serangan tersebut. "Kami tidak tahu, tetapi sepertinya begitu," kata sumber itu.

FBI mengatakan serangan melibatkan penggunaan malware dan membuat ratusan komputer di Sony tak bisa lagi dipakai, memaksa perusahaan ini mematikan jaringan komputernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com