Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus: 10 Tahun Lagi Saya Sudah Tidak Ada

Kompas.com - 19/12/2014, 20:09 WIB
VATICAN CITY, KOMPAS.com — Paus Fransiskus, Jumat (19/12/2014), memberikan pernyataan mengejutkan saat menerima para atlet dan pengurus Komite Olimpiade Nasional Italia, terkait rencana Roma mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2024.

"Saudara-saudaraku tercinta, saya mendoakan yang terbaik untuk keinginan Roma menjadi tuan rumah Olimpiade 2024. Saya tak akan menyaksikannya. Semoga Tuhan memberkati Anda semua," kata Paus Fransiskus.

Ini bukan kali pertama bagi Paus yang baru berulang tahun ke-78 pada Rabu (17/12/2014) mengatakan bahwa dia tak akan lama menduduki takhta tertinggi Gereja Katolik sedunia.

Dalam perjalanannya kembali dari Korea Selatan pada Agustus lalu, Paus dengan enteng mengatakan kepada para wartawan bahwa dia kemungkinan hanya memiliki dua atau tiga tahun tersisa dalam hidupnya.

"Saya mencoba memikirkan dosa-dosa saya, semua kesalahan saya, dan tidak ingin menjadi bangga. Sebab, saya tahu ini (jabatan Paus) tak akan bertahan lama, dua atau tiga tahun dan setelah itu saya akan pergi ke rumah Bapa," kata Paus menanggapi pertanyaan soal cara dia menghadapi popularitasnya yang melesat.

Paus asal Argentina itu juga mengatakan, dia mungkin akan mengundurkan diri jika kondisi kesehatannya memburuk, seperti yang dilakukan pendahulunya, Paus Benediktus XVI, tahun lalu yang menjadi pengunduran diri Paus pertama setelah lebih dari 700 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com