Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Penyanderaan di Kafe, Pegawai Konsulat AS di Sydney Dievakuasi

Kompas.com - 15/12/2014, 21:38 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Pemerintah Australia telah mengabarkan kepada Perdana Menteri Inggris dan Presiden Amerika Serikat tentang situasi penyanderaan di Sydney, Senin (15/12/2014). AS bahkan telah mengevakuasi seluruh pegawai kantor konsulatnya di Sydney, yang terletak di dekat kafe Lindt, lokasi penyanderaan.

Konsulat AS juga mengeluarkan peringatan darurat untuk warganya di Sydney, mendesak mereka untuk ‘tetap waspada dan mengambil langkah yang tepat untuk meningkatkan keamanan pribadi’.

Gedung Putih mengatakan, Presiden Barack Obama telah membahas pengepungan di Sydney dengan penasihat kontra-terorisme utamanya, Lisa Monaco. Sejumlah pemimpin dunia pun menyampaikan simpatinya yang mendalam atas tragedi penyanderaan di Martin Place ini.

Perdana Menteri Inggris, David Cameron, menggunakan media sosial untuk menyampaikan bahwa ia telah mendapat informasi tentang situasi pengepungan itu dan mengatakan bahwa tragedi itu "sangat memprihatinkan".

Sejauh ini, lima orang sandera telah keluar dari kafe Lindt di Martin Place, Sydney, tempat di seorang pria bersenjata menahan sejumlah sandera. Area ini adalah markas Bank Sentral Australia, sejumlah bank komersil, dan terletak dekat dengan gedung Parlemen negara bagian New South Wales.

Tayangan televisi menunjukkan beberapa orang di dalam kafe berdiri dengan tangan mereka menempel ke jendela.

Perdana Menteri Kanada, yang juga mengalami kejadian serupa di bulan Oktober ketika gedung Parlemen Kanada diserang simpatisan ekstremis, menggunakan media sosial untuk menyampaikan dukungannya.

"Doa dari Kanada menyertai teman-teman kami di Australia," kata Stephen Harper melalui Twitter.

Perdana Menteri India Narendra Modi juga menyampaikan rasa simpatinya lewat Twitter dan menyebut bahwa situasi di Sydney sangatlah "mengganggu".

"Perbuatan seperti itu tidak manusiawi dan sangat disayangkan. Saya berdoa untuk keselamatan semua orang," tulisnya.

Perdana Menteri Selandia Baru yang baru, John Key, juga menggunakan Twitter, mengatakan bahwa ia telah menghubungi PM Abbott "untuk menyampaikan rasa simpati warga Selandia Baru atas tragedi yang menimpa Australia hari ini".

Sedangkan Perdana menteri Papua Nugini, Peter O’Neill, juga menyatakan keprihatinannya atas para sandera.

"Doa dari warga Papua Nugini bersama dengan orang-orang yang telah disandera, dan keluarga mereka," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Kami terkejut melihat situasi ini terjadi pada tetangga dekat kami," tambahnya.

Kekhawatiran akan serangan di Australia yang didalangi kelompok Islam radikal, telah berkembang selama lebih dari satu tahun. Pemerintah Australia telah meningkatkan status bahaya terorisme nasional ke level ‘tinggi’, sejak bulan September.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com