Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Martin Place, Lokasi Penyanderaan di Sydney

Kompas.com - 15/12/2014, 13:32 WIB
SYDNEY, KOMPAS.COM — Martin Place yang terletak di pusat kota Sydney, membentang dari George St hingga Macquire St, menjadi salah satu sudut keramaian di kota Sydney. Di sini terletak sejumlah kantor dari bank komersial, sejumlah gedung milik pemerintah, dan pertokoan.

Lokasi penyanderaan yang terjadi pada Senin (15/12/2014) pagi adalah di Lindt Chocolat Cafe yang berada di gedung antara Jalan Elizabeth dan Phillip St.

Menurut Dr Clark Jones, pengamat di bidang terorisme dan deradikalisasi dari Australian National University (ANU), kemungkinan besar penyanderaan dilakukan karena alasan politis.

"Mungkin meminta agar Australia menghentikan operasi militer di luar negeri. Kita tahu bahwa Australia ikut berperan dalam operasi udara di Irak dan pengeboman di sejumlah kawasan Irak dan Suriah dan kita memiliki satuan khusus. Ada potensi untuk menyampaikan pesan seperti itu," ujar Dr Jones kepada ABC News 24.

Menurut dia, alasan politis ini juga bisa dilihat dari lokasi yang dipilih oleh kelompok sandera.

Kawasan Martin Place dianggap sebagai salah satu jantungnya kota Sydney. Kawasan ini sering menjadi tujuan bagi turis asing untuk berbelanja dan warga lokal untuk bekerja.

Martin Place sering disebut sebagai ikon kultur pop Australia, yang sudah beberapa kali menjadi lokasi produksi sejumlah film dan dikunjungi oleh sejumlah aktor dan aktris ternama.

Di jalan ini, Bank Sentral Australia (Reserve Bank of Australia) berada, selain beberapa bank komersial lainnya, seperti Commonwealth Bank, Westpac, dan ANZ.

Martin Place cukup dekat lokasinya dari Sydney Opera House, sekitar 1,4 kilometer dengan jarak tempuh 15 menit berjalan kaki atau juga kurang dari 10 menit dengan naik kereta.

Kafe Lindt Chocolat, perusahaan cokelat asal Swiss, ini berada tepat di seberang Bank Sentral Australia dan kantor stasiun TV Channel Seven. Stasiun televisi itu termasuk salah satu televisi yang sering ditonton warga Australia, terutama untuk program berita pada pagi hari.

Berada di blok yang sama adalah kantor Mahkamah Agung Negara Bagian New South Wales. Sementara itu, dua blok dari lokasi itu terletak kantor Kedutaan Amerika Serikat (di Jalan Castlereagh).

Sebelumnya, Martin Place sering disebut-sebut sebagai salah satu sasaran kelompok teror. Laporan ini didapat seusai operasi anti-teror yang digelar beberapa bulan lalu. Dari operasi ini, diketahui sejumlah kelompok teror berencana untuk memenggal kepala sejumlah warga Australia secara acak untuk kemudian diunggah ke jejaring sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com