Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menang Pemilu, Koalisi Pimpinan Shinzo Abe Kuasai Dua Pertiga Majelis Rendah

Kompas.com - 15/12/2014, 01:05 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe kembali berjaya dalam pemilihan umum yang diadakan di Jepang, Minggu (14/12/2014). Setelah dikabarkan unggul dalam exit polls, kemenangan Abe dipastikan dengan raihan suara Partai Demokratik Liberal (LDP) yang dipimpin Abe dan mitra koalisinya, Komeito, yang menguasai kursi pada Majelis Rendah Jepang.

Seperti dikutip dari Asahi Shimbun, Senin (15/12/2014) dini hari, koalisi LDP dan Komeito menguasai 326 kursi dari 475 kursi yang diperebutkan. LDP memperoleh 291 kursi, sedangkan Komeito mendapatkan 35 kursi. Perolehan ini menyebabkan koalisi partai pemerintah memegang dua pertiga suara mayoritas di majelis rendah.

Sebagai informasi, hanya butuh 317 kursi untuk menguasai dua pertiga suara di majelis rendah. Perolehan dua pertiga suara di majelis rendah menyebabkan partai pemerintah bisa mengesahkan undang-undang yang ditolak atau diveto di majelis tinggi. Selain itu, perolehan dua pertiga suara di majelis rendah juga memungkinkan partai pemerintah untuk mengajukan amandemen konstitusi.

Kepada NHK, Abe mengatakan akan memprioritaskan bidang ekonomi, juga meningkatkan diplomasi ekonomi untuk meningkatkan kedudukan Jepang dalam perekonomian dunia. Selain itu, Abe berjanji akan meningkatkan legislasi terkait keamanan untuk melindungi warga negara Jepang dalam sesi pengesahan legislasi berikutnya.

Adapun Partai Demokratik Jepang (DPJ) tercatat sebagai partai oposisi terbesar dengan perolehan 73 kursi. Perolehan yang didapat DPJ tercatat lebih baik ketimbang prediksi sebelum pemilu yang menyebut 62 kursi.

Presiden DPJ Banri Kaieda sebagai pihak oposisi menyatakan akan terus mencari dukungan untuk meningkatkan pengawasan terhadap pemerintahan Shinzo Abe. DPJ, menurut Kaieda, akan memimpin peran sebagai oposisi, dan terus menjalin kerja sama dengan partai oposisi lain.

Mengutip Asahi Shimbun, berikut hasil kursi yang didapat di majelis rendah:

Liberal Democratic Party: 291 suara
Democratic Party of Japan: 73 suara
Japan Innovation Party: 41 suara
Komeito: 35 suara
Party for Future Generations: 2 suara
Japanese Communist Party: 21 suara
People's Life Party: 2 suara
Social Democratic Party: 2 suara
New Renaissance Party: 0 suara
Partai lain-lain: 0 suara
Independen: 8 suara

*ada kursi independen yang dimasukkan ke LDP karena secara resmi mendukung Abe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com