Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Apresiasi Reaksi Cepat Korsel Tangani Tenggelamnya Kapal Oryong

Kompas.com - 11/12/2014, 14:28 WIB


BUSAN, KOMPAS.com
 — Presiden Joko Widodo mengapresiasi penanganan Pemerintah Korea Selatan atas tragedi tenggelamnya kapal ikan Oryong 501 asal Korea Selatan di Laut Bering, Rusia, yang mengangkut 35 ABK asal Indonesia.

"Saya mengapresiasi dan menghargai reaksi cepat tim Korea dalam penanganannya," kata Presiden Jokowi kepada Presiden Korea Selatan Park Geun-hye saat memberikan pengantar dalam pertemuan bilateral Indonesia-Korea Selatan di Busan, Korea Selatan, Kamis (11/12/2014), seperti dikutip Antara.

Sampai saat ini, tiga korban ABK Indonesia ditemukan selamat, sementara 14 lainnya meninggal dunia dan 18 masih dalam pencarian.

Presiden menyampaikan keprihatinan dan simpatinya atas tragedi yang terjadi pada 1 Desember 2014 tersebut.

Presiden dalam kesempatan tersebut juga meminta agar secepatnya dibentuk komisi bersama antara menteri luar negeri kedua negara guna meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dengan Korea Selatan.

"Dan, untuk hubungan yang lebih kuat ini kami menyarankan ada pertemuan antarmenlu dalam bentuk join commission (komisi bersama) agar segera dilakukan," kata Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Korea Selatan Park Geun-hye menyatakan berbelasungkawa atas korban tenggelamnya kapal Oryong tersebut.

"Pada Desember lalu, di Lautan Bering ada kapal Korea tenggelam, di dalamnya ada masyarakat Indonesia yang menjadi ABK. Jadi saya mengucapkan belasungkawa kepada Bapak Presiden dan keluarga korban," kata Presiden Park dalam pertemuan bilateral tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com