Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Kepemilikan Televisi di Inggris Terus Menurun

Kompas.com - 10/12/2014, 14:58 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Jumlah kepemilikan televisi di Inggris untuk kali pertama turun seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang kini lebih banyak menonton berita, hiburan, dan olahraga melalui laptop, tablet, dan ponsel pintar.

Menurut data lembaga pengawas media, Ofcom, jumlah rumah tangga Inggris yang memiliki pesawat televisi menurun hingga 300.000 rumah tangga selama periode akhir 2012 hingga akhir 2013. Pada akhir 2012 tersebut, 26,33 juta rumah tangga tercatat memiliki televisi. Namun, setahun kemudian, angkanya turun menjadi 26,02 juta rumah tangga.

Didapati pula data bahwa hampir satu juta rumah tangga tidak memiliki televisi, tetapi memiliki akses internet. Ofcom mengatakan, ini semua mengindikasikan tren pemakaian peranti lain untuk menonton, selain televisi.

Jumlah kepemilikan televisi di Inggris selalu meningkat dari tahun ke tahun sejak data ini dikumpulkan pada 1956. Survei pertama memperlihatkan terdapat 5,7 juta rumah tangga yang memiliki televisi atau bila dirata-rata satu dari tiga rumah tangga di Inggris memiliki pesawat televisi.

Namun, kebiasaan menonton menggunakan TV berubah dengan hadirnya laptop, komputer tablet, dan ponsel pintar. Peranti ini memungkinkan penggunanya menonton acara TV di mana saja, selain juga menyaksikan episode atau tayangan lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com