Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CIA Bersikukuh Metode Penyiksaannya Telah Selamatkan Banyak Nyawa

Kompas.com - 10/12/2014, 01:00 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com - Direktur Badan Intelijen Amerika (CIA) John Brennan, Selasa (9/12/2014), bersikukuh menyatakan penggunaan metode brutal untuk menginterogasi para tersangka yang diduga terkait Al Qaeda telah membantu mencegah serangan.

Brennan mengakui kesalahan sudah terjadi dengan penggunaan metoda ini. Namun, dia juga menyatakan telaah internal CIA menyatakan penggunaan interogasi dengan kekerasan telah menghasilkan data intelijen yang membantu menggagalkan rencana serangan, menangkap teroris, dan menyelamatkan banyak nyawa.

Pada Selasa siang waktu setempat, Komite Pertahanan Senat membacakan ringkasan laporan investigasi atas praktik penyiksaan oleh CIA terhadap 100-an orang yang diduga terkait dengan Al Qaeda. Metoda interogasi ini kerap disebut sebagai teknik "menyiksa tanpa menyentuh" (no touch torture).

Beberapa di antara teknik menyiksa ini adalah mengguyur kepala tahanan yang tangan dan kakinya terikat (waterboarding), menempatkan tersangka dalam posisi sangat tak nyaman di ruangan sempit (stress positions), mendengarkan musik sangat kencang selama berjam-jam, dan beragam teknik penyiksaan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com