Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Pakistan Bunuh Anggota Kelompok Pembunuh Benazir Bhutto

Kompas.com - 09/12/2014, 17:22 WIB
KARACHI, KOMPAS.com - Kepolisian Pakistan, Selasa (9/12/2014), mengatakan berhasil menewaskan seorang komandan Taliban yang mendalangi serangan bom pada 2007 yang menewaskan 139 orang dalam upaya pembunuhan terhadap PM Benazir Bhutto.

Firdous Khan, nama komandan Taliban itu, tewas setelah terlibat baku tembak selama satu jam dengan polisi di wilayah Manghopir, Karachi. Demikian penjelasan seorang perwira Departemen Investigasi Kriminal (CID), Usman Bajwa.

Bajwa menambahkan, Khan adalah dalang serangan bom di dekat kendaraan Bhutto dalam sebuah kampanye politik menyambut kepulangan Bhutto pada Oktober 2007.

Dalam insiden itu, Bhutto selamat namun dua bulan kemudian tewas dalam sebuah serangan bom bunuh diri dalam sebuah kampanye di kota Rawalpindi.

"Firdous Khan adalah komandan Taliban yang berperan sebagai seorang fasilitator, melatih pelaku bom bunuh diri dan membawanya kepada target," tambah Bajwa.

Pemerintah Pakistan saat itu di bawah Pervez Musharraf menuding pembunuhan Benazir Bhutto didalangi pemimpin Taliban Pakistan Baitullah Mesud, yang membantah tuduhan Musharraf. Mesud tewas dalam seranngan drone As.

Karachi, kota berpenduduk 18 juta yang menyumbang 42 persen GDP Pakistan, beberapa tahun belakangan ini terjerat dalam kekerasan sektarian, etnis dan politik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com