Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2014, 07:04 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama, Sabtu (6/12/2014), dilarikan ke rumah sakit akibat masalah di tenggorokannya. Setelah menjalani pemeriksaan dokter menyatakan Obama mengalami peningkatan asam lambung dan memutuskan presiden tidak memerlukan perawatan serius.

Selama dua pekan terakhir, Obama mengeluhkan rasa sakit di tenggorokannya yang mengakibatkan dokter pribadinya menganjurkan agar dia menjalani uji medis di rumah sakit militer nasional Walter Reed.

Dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan dari Pusat Kesehatan Fort belvoir melakukan tes serat optik untuk memeriksa kondisi tenggorokan Obama.

"Hasil pemeriksaan menunjukkan terdapat radang ringan di dalam tenggorokan presiden dan saya, setelah berkonsultasi dengan para spesialis, menganjurkan evaluasi lanjutan dengan menjalani CT scan," kata Kapten Ronny Jackson dari rumah sakit militer Walter Reed.

"Gejala yang dialami bapak presiden sesuai dengan radang yang terkait dengan peningkatan asam lambung dan akan dirawat sesuai anjuran dokter," tambah Jackson.

Sementara itu, direktur unit kesehatan Gedung Putih menekankan pemeriksaan singkat yang dilakukan pada Sabtu siang dilakukan demi menyesuaikan dengan jadwal kerja Obama.

"Pemeriksaan yang dilakukan dengan cepat semata disesuaikan dengan jadwal presiden bukan karena adanya masalah darurat," kata juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com