Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Usulkan Pakar Anggaran dan Senjata Jadi Menteri Pertahanan Baru Amerika

Kompas.com - 05/12/2014, 23:07 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Jumat (5/12/2014) siang, mengusulkan Ashton Carter untuk menjadi Menteri Pertahanan.

Dalam pengusulan Carter ini, Obama mengatakan, "Carter punya campuran yang unik antara sudut pandang strategis dan pengetahuan teknis untuk jabatan ini." Sebelumnya, Carter pernah menjadi Wakil Menteri Pertahanan di bawah Leon Panetta, pada Oktober 2011 hingga Desember 2013.

Dalam sebuah seremonial singkat, Carter mengatakan kepada Obama, jika dia disetujui Senat untuk mengisi kursi Menteri Pertahanan yang ditinggalkan Chuck Hagel, maka dia berjanji akan memberikan saran strategis terbaik miliknya.

Hagel mengundurkan diri dari kursi Menteri Pertahanan pada Novebmer 2014. Carter selama ini dikenal sebagai pakar anggaran militer dan senjata berteknologi tinggi.

Namun, Carter dianggap kurang pengalaman di medan perang yang sesungguhnya. Dia tak pernah merasakan berseragam tempur, tak seperti Hagel yang bahkan mendapatkan luka di Perang Vietnam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com