Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Kedua Peshmerga Tiba di Kota Kobani

Kompas.com - 05/12/2014, 11:42 WIB
ANKARA, KOMPAS.com - Gelombang kedua pasukan Peshmerga berjumlah 150 orang personel telah memasuki kota Kobani, Suriah dari arah Turki untuk menggantikan kelompok pertama yang telah membantu mempertahankan kota itu dari serbuan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Demikian sejumlah sumber Peshmerga, Kamis (4/12/2014).

Meski tak terlalu bernilai strategis, namun kota Kobani telah menjadi simbol internasional perlawanan terhadap ISIS yang menguasai sebagian wilayah Irak dan Suriah serta telah mendeklarasikan sebuah kekalifahan.

"Kelompok pertama sudah meninggalkan Kobani dan kini menuju ke bandara," kata seorang sumbmer Peshmerga seperti dikutip Reuters.

Kelompok kedua pasukan Peshmerga itu, lanjut sumber tersebut, tiba di Kobani pada Selasa malam lalu.

Pasukan Kurdi Suriah yang sudah mempertahankan kota Kobani selama tiga bulan, telah menerima bantuan dari para pejuang Kurdi Irak yang disebut Peshmerga atau berarti "mereka yang menantang kematian".

Namun, baik pasukan Peshmerga dan persenjataan berat yang mereka bawa ditambah serangan udara AS berhasil memukul mundur ISIS. Sejauh ini dampak seluruh bantuan tersebut hanya membuat pertempuran menjadi berimbang.

Pemerintah Turki sejauh ini menolak bergabung dengan koalisi pimpinan AS karena bersikukuh semua kampanye militer di Suriah harus termasuk strategi menjatuhkan Presiden Bashar al-Assad.

Meski menolak terlibat dalam pertempuran, pemerintah Turki mengizinkan Peshmerga Irak melintasi wilayahnya untuk memasuki kota Kobani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com