Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parlemen Belgia Siapkan Resolusi Pengakuan Palestina

Kompas.com - 04/12/2014, 13:25 WIB
BRUSSELS, KOMPAS.com — Para anggota parlemen Belgia kini tengah bekerja untuk menerbitkan resolusi untuk mengakui eksistensi negara Palestina. Namun, Pemerintah Belgia mengatakan, waktu untuk menyatakan pengakuan bergantung pada aksi Uni Eropa.

Menteri Luar Negeri Belgia Didier Reynders mengatakan, dia akan terlebih dahulu mendorong sebuah inisiatif Uni Eropa untuk membawa Pemerintah Israel dan Palestina kembali membicarakan proses perdamaian.

Sementara itu, para wakil rakyat Belgia tengah menyelesaikan teks deklarasi pengakuan dan belum jelas waktu resolusi itu akan dibahas. Demikian ungkap seorang petinggi partai koalisi yang tak mau disebutkan namanya karena proses penyusunan resolusi masih berlangsung.

Sebelumnya, pada Selasa (2/12/2014), majelis rendah Perancis sudah melakukan voting untuk mendesak pemerintah agar mengakui keberadaan Palestina sebagai sebuah negara independen.

Pada 30 Oktober lalu, Swedia menjadi negara Eropa barat pertama yang mengakui Palestina sebagai sebuah negara independen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com