Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Putri atau Pangeran dalam Majalah Anak-anak Hezbollah

Kompas.com - 02/12/2014, 12:41 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com - Kelompok Hezbollah Lebanon menerbitkan majalah Mahdi yang ditujukan untuk anak-anak. Namun, majalah itu tidak memuat kisah para putri atau pangeran namun berisi kisah para pejuang yang menentang keberadaan Israel.

Majalah itu sudah terbit selama 11 tahun dan ditujukan untuk mengajarkan kepada generasi baru ideologi Hezbollah yang terus menentang keberadaan negara Israel.

Dalam majalah itu tersedia berbagai kisah yang diinspirasi kehidupan para pejuang Hezbollah. Kartun yang ada di majalah itu menampilkan para pejuang Hezbollah serta rubrik teka-teki berisi cara bagaimana anak-anak menghindari ranjau Israel.

Sejumlah kalangan menilai majalah Mahdi terbitan Hezbollah itu mengagung-agungkan kekerasan. Namun, penerbit bersikukuh majalah tersebut tidak berisi indoktrinasi atau propaganda militer.

"Apa yang kami inginkan adalah mengajar anak-anak kami nilai-nilai perjuangan," kata pemimpin utama majalah Mahdi, Abbas Charara.

"Kami tak mendorong anak-anak memanggul senjata, kami hanya memastikan mereka mengetahui tentang perjuangan kami," lanjut Abbas.

"Kami katakan kepada mereka: Orang-orang hebat ini melawan dan kita menang, maka tak lama lagi kalian bisa seperti mereka dan itu diawali dengan pendidikan," lanjut Abbas.

Majalah itu merupakan bagian dari sejumlah program yang dilakukan Hezbollah untuk menjaring kelompok usia muda. Hezbollah juga mengelola sekolah, pasukan pramuka dan kamp musim panas.

Didirikan Garda Revolusi Iran pada 1982, hingga kini Hezbollah adalah salah satu musuh terberat Israel.

Hezbollah sudah menggelar banyak serangan terhadap pasukan Israel selama 22 tahun pendudukan di Lebanon yang berakhir pada 2000 dengan penarikan mundur pasukan Israel yang oleh Hezbollah diklaim sebagai sebuah kemenangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com