Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taipan India Adakan Nikah Massal untuk Para Perempuan Yatim

Kompas.com - 01/12/2014, 18:10 WIB
AHMEDABAD, KOMPAS.COM - Seorang pedagang berlian India menyelenggarakan sebuah upacara pernikahan massal bagi 111 perempuan yatim dan memberikan kepada masing-masing mereka hadiah senilai ribuan dolar. Pedagang berlian bernama Mahesh Savani itu mengatakan bahwa memberikan sesuatu kepada seorang pengantin perempuan merupakan hal "suci".

Savani mengatakan, para perempuan itu, yang keluarganya terlalu miskin untuk membiayai pernikahannya, melihat dirinya sebagai ayah angkat mereka. Pria 44 tahun itu mengatakan, dia telah memberikan kepada mereka masing-masing hadiah berupa emas dan barang-barang lainnya senilai 450.000 rupee atau Rp 83 juta lebih untuk memulai kehidupan pernikahan mereka, serta membayar biaya pernikahan.

"Hadiah barang tidak penting, tetapi saya telah memberi tahu nama saya kepada mereka dan akan memenuhi semua tanggung jawab saya sebagai ayah dari para pengantin wanita selama sisa hidup saya," katanya kepada AFP sebelum upacara yang diadakan di sebuah sekolah di negara bagian Gujarat pada hari Minggu.

Savani, yang telah menyelenggarakan pernikahan bagi 251 orang perempuan, mengatakan dirinya memulai kegiatan amal itu pada 2008 ketika salah satu anggota stafnya sendiri meninggal dunia. "Saya sangat terkejut ketika salah seorang karyawan saya meninggal hanya 12 hari sebelum dia bisa menikahkan kedua putrinya. Sangat sulit bagi keluarga itu untuk mengatur pernikahan tersebut," katanya. "Maka saya memutuskan bahwa saya akan menjadi ayah angkat mereka dan menikahkan mereka. Itulah awalnya," kata Savani.

Tidak diketahui berapa banyak biaya upacara pernikahan raksasa itu. Namun pernikahan India terkenal dengan skala pesta yang besar, kuda-kuda yang dihiasi, kelompok band dan tenda besar untuk menghibur ratusan atau bahkan ribuan tamu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com