Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Berbagi Resep Kue Panekuk lewat Internet

Kompas.com - 01/12/2014, 09:44 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) ternyata tak hanya gemar menebar propaganda berbau kekerasan atau video-video pemenggalan sandera mereka. Ternyata, ISIS juga menyebarkan sejumlah resep makanan buatan mereka lewat internet.

Salah satu yang belum lama ini disebar lewat internet adalah resep kue panekuk atau serabi. Meski hanya sebuah resep, ISIS tak lupa menyertainya dengan kalimat propaganda, yaitu kue itu bisa "meningkatkan energi dan kekuatan terhadap pejuangnya".

Resep kue ini disebarkan Al-Zawra, sebuah organisasi sayap ISIS, yang bertugas mempersiapkan para perempuan anggota ISIS untuk pertempuran.
 
Al-Zawra dikenal aktif menggunakan media sosial untuk membimbing para istri anggota ISIS dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga, seperti menjahit, memasak, memberikan pertolongan pertama selain juga tentang Islam, hukum syariah, dan persenjataan.

Bahan-bahan pembuat kue yang diunggah ke internet dan disertai dengan gambar itu sebenarnya tak berbeda dengan resep membuat kue seperti biasanya, misalnya sebutir telur, satu cangkir tepung, empat sendok makan gula pasir, satu sendok makan minyak kelapa, empat sendok garam, dan satu cangkir susu.

Menurut instruksi Al-Zawra, setelah matang, kue serabi itu lebih lezat jika disajikan dengan madu dan bisa disantap untuk sarapan pagi atau makan malam. Rilis resep kue ini menyusul publikasi film kartun Al-Zawra yang dirilis awal bulan lalu yang berisi tips domestik bagi para istri anggota ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com