Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Ras di AS dalam Angka

Kompas.com - 28/11/2014, 15:14 WIB
KOMPAS.COM — Protes yang berujung kerusuhan di beberapa kota di AS dipicu oleh keputusan juri untuk tidak mendakwa polisi atas pembunuhan seorang remaja kulit hitam. Kematian Michael Brown, 18 tahun, di Ferguson, Missouri, pada tanggal 9 Agustus lalu, telah menghidupkan kembali perdebatan tentang hubungan ras di Amerika Serikat.

Berikut adalah lima statistik yang membantu menceritakan kisah hubungan dua ras tersebut.

Miliarder

Hanya ada dua miliarder kulit hitam di Amerika Serikat, yaitu Oprah Winfrey dan mantan bintang basket Michael Jordan. Ini jauh dibandingkan dengan jumlah miliarder kulit putih yang jumlahnya mencapai 500.

Pendidikan

Pelajar kulit hitam mencetak hasil yang bagus di sekolah menengah atas. Sebanyak 30 persen di antara mereka lulus, lebih tinggi dibandingkan kulit putih yang sekitar 27 persen. Namun, sayangnya, hanya 9,8 persen yang lulus sarjana, dibandingkan 14,4 persen warga kulit putih yang lulus sarjana.

Pertemanan

Survei yang dilakukan oleh Institut Riset Agama Publik pada 2013 bertanya banyak hal untuk menilai keberagaman kelompok pertemanan. Riset ini menunjukkan bahwa 65 persen warga kulit hitam hanya memiliki teman sesama kulit hitam. Sementara itu, 75 persen warga kulit putih mengatakan, mereka tidak memiliki teman kulit hitam dan hanya memiliki teman sesama kulit putih.

Pengangguran

Tingkat pengangguran tetap tinggi di komunitas kulit hitam, dibandingkan kulit putih. Saat ini, 4,8 persen warga kulit putih menganggur. Ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan 10,9 persen pengangguran kulit hitam.

Narapidana

Angka yang didapat dari populasi penjara hingga Desember 2013 menunjukkan warga kulit hitam 37 persen, kulit putih 32 persen, dan hispanik 22 persen.

Sumber data: Sensus AS, Institut Riset Agama Publik, Forbes, Departemen Tenaga Kerja AS, dan Departemen Hukum AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com