Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Istri Diberi Harta Gana-gini Rp 6,4 Triliun

Kompas.com - 28/11/2014, 09:39 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Seorang pengelola dana di London memberikan kepada istrinya, yang sudah tinggal terpisah darinya, uang sebesar 337 juta poundsterling atau setara Rp 6,4 triliun, Kamis (27/11/2014), sebagai harta gana-gini. Kantor berita AFP melaporkan, itu merupakan salah satu penyelesaian kasus perceraian dengan pemberian harta gana-gini terbesar yang pernah diketahui di pengadilan Inggris.

Rincian pembayaran itu, yang diberikan kepada Jamie Cooper-Hohn (49), seorang perempuan kelahiran AS, muncul setelah sebuah draf putusan diberikan kepada para pengacara menjelang putusan final. Para pengacara Cooper-Hohn dilaporkan sedang mempertimbangkan pengajuan banding demi mendapatkan bayaran yang lebih besar lagi.

Cooper-Hohn telah berpisah dari manajer hedge fund Chris Hohn (48) setelah menikah selama 15 tahun. Kedua orang itu bertarung terkait aset senilai lebih dari 700 juta poundsterling atau Rp 13,4 triliun.

Hohn telah menawarkan seperempat dari kekayaan itu kepada istrinya, tetapi sang istri berpendapat bahwa kekayaan mereka merupakan hasil dari sebuah kemitraan (kerja sama berdua).

Keduanya bertemu saat masih kuliah di Harvard University dan memiliki empat anak. Mereka mendirikan badan amal untuk anak-anak, yaitu Yayasan Dana Investasi, untuk membantu kaum miskin di negara-negara berkembang.

Hohn, putra seorang sekretaris firma hukum dan montir mobil, dilaporkan telah meraih penghasilan hampir 1 miliar poundsterling dari tahun 2006 hingga 2011. Dia diberi penghargaan tahun ini untuk karya dalam bidang filantropi dan pembangunan internasional.

"Untuk jangka waktu yang panjang, saya seorang penghasil uang yang luar biasa," kata Hohn kepada pengadilan. Namun dia menambahkan bahwa dirinya tidak "benar-benar peduli dengan uang" dan bahwa uang tidak membawa kebahagiaan.

Sejumlah pakar hukum mengatakan, pembagian harta gana-gini itu merupakan salah satu yang terbesar yang ada di Inggris, tetapi sulit untuk mengetahui apakah itu merupakan yang terbesar yang pernah ada karena pembayaran yang lebih tinggi mungkin saja belum dipublikasikan.

Namun, pembayaran tersebut telah melampaui penyelesaian perceraian yang dilaporkan sebelumnya, yang selama ini menjadi yang tertinggi yang diketahui di Inggris, yaitu sebuah pembagian harta gana-gini tahun 2011 yang tercatat antara 165 juta poundsterling hingga 220 juta poundsterling dari mendiang pengusaha Rusia, Boris Berezovsky, kepada mantan istrinya, Galina Besharova.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com