Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlahnya Terus Bertambah, Kuda Nil di Kolombia Dikebiri

Kompas.com - 27/11/2014, 17:06 WIB

BOGOTA, KOMPAS.com — Petugas kesehatan Kolombia melakukan sterilisasi terhadap sejumlah kuda nil di Provinsi Antioquia karena pemerintah menilai jumlah mereka saat ini sudah terlalu banyak.

Populasi yang membengkak ini berdampak buruk kepada para petani karena binatang ini memakan berton-ton dedaunan dan tanaman petani.

Puluhan kuda nil itu dulunya didatangkan oleh bandar narkoba, Pablo Escobar, yang ketika itu memiliki kebun binatang pribadi. Beberapa di antaranya lepas dan berkembang biak di alam liar dan sekarang jumlahnya mencapai tak kurang dari 60 ekor.

Pemerintah dan masyarakat di Kolombia sudah bertahun-tahun membahas langkah yang sebaiknya diambil untuk mengatasi kuda nil yang ada di alam liar. Pemerintah menyatakan binatang ini membahayakan keselamatan publik.

Namun, sebagian masyarakat senang dengan kehadiran mereka, bahkan ada yang sudah mengambilnya sebagai binatang piaraan. Lima tahun lalu petugas menembak mati seekor kuda nil di kompleks rumah Escobar, yang memicu kemarahan masyarakat.

Akhirnya, pemerintah mengambil "jalan tengah" dengan membuat mandul binatang ini. Dana program sterilisasi diambilkan dari aset Escobar yang disita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com