Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Napi Tewas karena Keracunan Obat di Venezuela

Kompas.com - 27/11/2014, 12:06 WIB
CARACAS, KOMPAS.COM — Sedikitnya 17 narapidana (napi) di Venezuela, yang telah melakukan aksi mogok makan terkait kondisi penjara, meninggal pada Rabu (26/11/2014) karena keracunan obat. Demikian kata sejumlah sumber di kalangan kepolisian kepada kantor berita AFP.

Para tahanan di Lembaga Pemasyarakatan David Viloria, yang dikenal sebagai penjara Uribana, di negara bagian Lara, Venezuela, sedang melancarkan protes sejak Selasa lalu terkait apa yang mereka katakan perlakuan yang tidak manusiawi dan melanggar hak asasi oleh para petugas penjara. Demikian kata sumber polisi yang tidak mau disebut jati dirinya.

Sementara itu, sejumlah pejabat penjara mengatakan, para tahanan meninggal karena keracunan setelah menelan sejumlah obat.

Bagaimana para napi itu bisa mengonsumsi satu atau lebih obat, hal itu belum jelas.

Namun, sebuah kelompok lembaga swadaya masyarakat, Pemantau Penjara Venezuela, mengatakan bahwa ada 17 orang tewas di penjara di negara bagian Lara dan empat narapidana lainnya tewas di sebuah fasilitas di negara bagian Maracay.

Menteri Penjara negara itu, Iris Varela, mengatakan lewat Twitter bahwa telah terjadi sebuah insiden, yaitu "para tahanan terpengaruh oleh konsumsi obat yang tidak tepat" di penjara Lara. Dia tidak memastikan adanya napi yang meninggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com