Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2014, 09:07 WIB
KABUL, KOMPAS.com — Seorang ibu yang berduka di Afganistan melancarkan aksi balas dendam berdarah terhadap kaum militan Taliban yang menembak mati putranya. Ibu itu menembak mati 25 anggota militan Taliban dan melukai lima orang lainnya dalam sebuah pertempuran bersenjata selama tujuh jam.

Ibu bernama Reza Gul itu menyaksikan tanpa daya saat putranya tewas ketika sedang menjaga sebuah pos pemeriksaan desa bersama sebuah tim kecil yang terdiri dari teman-teman polisinya, di Provinsi Farah yang rawan kekerasan dan tanpa penegakan hukum.

Diapit putri dan menantu perempuannya, Gul memimpin serangan balasan terhadap para penyerang putranya. Mereka akhirnya menewaskan 25 anggota militan serta melukai lima orang lainnya dalam sebuah baku tembak sengit selama tujuh jam.

"Saya tidak bisa menahan diri, lalu mengangkat senjata," kata perempuan itu kepada TOLO News sebagaimana dikutip Mail Online, Rabu (26/11/2014). "Saya pergi ke pos pemeriksaan itu dan mulai menembak."

Menantu perempuannya, Seema, menambahkan, "Pertempuran tersebut semakin intensif saat kami mencapai medan perang dengan senjata ringan dan berat. Kami telah berkomitmen untuk bertarung sampai peluru terakhir." Dia menambahkan, zona pertempuran itu bergelimang mayat anggota Taliban saat baku tembak berakhir.

Seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afganistan mengatakan kepada media itu bahwa peristiwa tersebut merupakan simbol dari sebuah pemberontakan rakyat.

Taliban belum memberikan komentar terkait insiden itu.

Bersama kelompok pemberontak lainnya, Taliban telah meningkatkan serangan di seluruh negara itu sejak penarikan sebagian besar pasukan pimpinan AS dari Afganistan pada bulan lalu.

Serangan-serangan Taliban menyasar lembaga-lembaga Pemerintah Afganistan, instalasi keamanan, dan instalasi asing, terutama di ibu kota negara itu, Kabul. Anggota masyarakat juga kerap terperangkap dalam baku tembak.

Setidaknya 50 orang terluka pada awal pekan ini, ketika seorang pengebom bunuh diri meledakkan rompi bomnya di tengah orang banyak yang menonton turnamen bola voli dalam sebuah kompetisi antar-kabupaten di Provinsi Yahyakahil, Paktika. Serangan itu telah mendorong Presiden Afganistan Ashraf Ghani, untuk memerintahkan adanya kajian komprehensif tentang kekuatan pertahanan negara itu. Dia juga mempertimbangkan kembali kebijakan Afganistan untuk melakukan serangan malam hari yang kontroversial, yang dilarang oleh pendahulunya, Hamid Karzai.

Serangan terbaru itu muncul saat terungkap bahwa Presiden AS Barack Obama telah menandatangani sebuah perintah "rahasia" yang memungkinkan Pentagon untuk terus menyasar para militan Taliban, bahkan setelah penarikan militer AS dari negara itu. Keputusan Obama itu, yang dibuat dalam sebuah pertemuan di Gedung Putih dengan para penasihat keamanan nasional AS, juga memberikan lampu hijau kepada militer untuk melakukan dukungan udara bagi operasi Afganistan bila diperlukan.

Obama mengeluarkan sejumlah pedoman dalam beberapa pekan terakhir saat misi tempur Amerika di Afganistan akan berakhir, saat ribuan tentara kembali ke rumah, juga ketika militer mempersiapkan misi kontra terorisme yang semakin sempit dan misi pelatihan selama dua tahun ke depan.

Anggota parlemen Afganistan juga telah menyetujui perjanjian dengan AS dan NATO yang memungkinkan tentara Barat untuk tetap di negara itu. Misi tempur internasional di Afganistan, yang dimulai setelah invasi pimpinan AS tahun 2001 dan menggulingkan Taliban, akan berakhir pada tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com