Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Masih Magnet Indonesia Menggaet Pelancong Asing

Kompas.com - 26/11/2014, 18:27 WIB


KOMPAS.com - Riset pariwisata terkini menunjukkan Bali masih menjadi magnet Indonesia untuk menggaet turis atau pelancong asing. Lembaga Horwath HTL dan C9 Hotelworks dalam risetnya pada Rabu (26/11/2014) menunjukkan sampai dengan Agustus 2014, kedatangan luar negeri dari Bandara Internasional Ngurah Rai mencapai angka rerata 14 persen. Di pengujung 2014, akan ada sekitar 3,8 juta pelancong asing ke Pulau Dewata.

Seminyak Top View Seminyak

Sementara itu, pasar pariwisata di Bali menjadi ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Pasar ini diperkuat dengan makin meningkatnya kebutuhan akan hotel di Bali.

TRIBUN BALI/ANDRIANSYAH Seorang pemandu wisata menjemput wisatawan di terminal kedatangan internasional Bandara Ngurah Rai, Bali, Rabu (12/3/2014). Kunjungan wisatawan ke Bali masih terpantau ramai menjelang Hari Raya Nyepi.

Hasil riset itu juga menunjukkan pada 2012 dan 2013, sekitar 68 persen kedatangan di Bali adalah para tamu domestik. Pada 2013, Indonesia menyambut 8,8 juta tamu internasional. Sementara, skala hunian hotel sudah mencapai angka 200 juta. "Hotel di Bali dalam banyak hal dapat bertahan dengan persediaan yang terus ada,"tutur Matt Gebbie dari Horwath HTL.

Selanjutnya, menurut pemaparan Managing Director C9 Hotelworks Bill Barnett lebih dari 80 persen penjualan resor pada pasar merupakan pembeli asal Indonesia. Pembangunan ini juga mengincar kawasan Bali selatan. Pengembangan di kawasan ini, lanjut Barnett berefek ke berbagai tempat di luar Bali seperti Lombok, Pulau Gili, Sumba, dan Flores.

Kemudian, kebijakan bebas visa bagi pelancong lima negara yakni China, Jepang, Rusia, Korea Selatan, dan Australia juga menjadi magnet tersendiri bagi Indonesia saat makin mempromosikan Bali. Pasalnya, 90 persen pengunjung Bali sampai dengan pertengahan 2014, berasal dari Asia Pasifik. Sasaran pada pasar Eropa Timur adalah turis asal Rusia. Biasanya, turis asal Negeri Beruang Merah ini berwisata ke Thailand.

TRIBUN BALI/ANDRIANSYAH Sejumlah wisawatan sedang mengantre di loket pemesanan taksi di Bandara Ngurah Rai, Bali, Rabu (12/3/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com