Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivis Mahasiswa Penggerak Demonstrasi Hongkong Ditangkap

Kompas.com - 26/11/2014, 16:24 WIB

HONGKONG, KOMPAS.com - Kepolisian Hongkong mengatakan lebih dari 80 orang ditangkap, termasuk aktivis mahasiswa yang menjadi motor demonstrasi prodemokrasi, Joshua Wong.

Bentrokan terjadi setelah pemerintah - atas perintah pengadilan - mulai membubarkan kamp pengunjuk rasa di wilayah bisnis Mong Kok.

Pembubaran itu awalnya dilakukan dengan damai pada Selasa (25/11/2014) namun memanas saat malam tiba ketika para aktivis yang datang ke tempat itu bertambah banyak.

Demonstran melakukan perlawanan di jalan-jalan sekitar Nathan Road dan polisi menggunakan pentungan dan semprotan merica untuk mengatasinya.

Polisi mengatakan total 116 orang kini telah ditangkap sejak Selasa kemarin, karena sejumlah pelanggaran termasuk menyerang polisi dan memiliki senjata.

Joshua Wong, dari grup yang menamakan diri Scholarism, sebelumnya mengatakan perintah pengadilan digunakan sebagai alasan untuk mengusir aktivis menurut harian Hongkong, The South China Morning Post.

Operasi pembubaran lebih lanjut diharapkan akan berlangsung pada Rabu (26/11/2014). Para aktivis menduduki jalan-jalan sejak awal Oktober, menuntut kebebasan memilih pemimpin dalam pemilu 2017.

Pemerintah China, bagaimanapun, mengatakan kandidat pemimpin Hong Kong tetap akan dipilih oleh komite yang didukung Beijing, untuk selanjutnya dipilih oleh warga.

Para pengunjuk rasa awalnya berjumlah puluhan ribu saat protes besar-besaran pertama dimulai pada Oktober, namun sejak itu jumlahnya terus menyusut. Sementara itu upaya yang dilakukan oleh kedua belah pihak untuk mencapai kompromi hanya membuat sedikit kemajuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com