Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Yaman Bebaskan 8 Sandera Termasuk Seorang Prajurit AS

Kompas.com - 25/11/2014, 17:57 WIB
ADEN, KOMPAS.com — Seorang prajurit AS termasuk di antara delapan sandera yang dibebaskan militer Yaman, Selasa (25/11/2014), setelah ditangkap militan Al Qaeda di sebuah pangkalan udara di wilayah selatan negeri itu.

"Seorang prajurit AS dan tujuh prajurit Yaman ditangkap dalam sebuah serangan ke pangkalan udara Al-Anad di provinsi Lahij," ujar seorang pejabat Yaman.

Sebelumnya dikabarkan, pasukan Yaman membebaskan tujuh sandera warga Yaman dan seorang warga asing yang ditangkap kelompok militan Al Qaeda.

Komite Keamanan Yaman, seperti dikutip kantor berita Saba, tidak menjelaskan lokasi operasi pembebasan sandera itu berlangsung. Komite hanya menjelaskan, dalam operasi itu seorang anggota militer Yaman mengalami luka ringan dan tujuh anggota Al Qaeda tewas.

Penculikan merupakan hal lazim di Yaman yang sedang memerangi pemberontakan kelompok Islam radikal yang berafiliasi dengan Al Qaeda, pemberontakan di wilayah selatan dan konflik sporadis dengan milisi bersenjata kesukuan.

Penyanderaan biasa dilakukan kelompok militan dengan sasaran terutama warga negara Barat. Namun, penculikan juga digunakan sebagai taktik oleh sejumlah suku untuk menyelesaikan sengketa dengan pemerintah.

Awal bulan ini, PBB mengatakan, seorang pakar pengairan dari Sierra Leone yang bekerja dalam sebuah proyek sanitasi di Yaman dibebaskan setelah setahun diculik oleh sekelompok orang bersenjata tak dikenal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com