Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seniman Donna Backues Lestarikan Batik Indonesia di Amerika

Kompas.com - 25/11/2014, 09:26 WIB
PHILADELPHIA, KOMPAS.COM — Pernah tinggal di Indonesia selama 18 tahun telah membuat Donna Backues, seniman asal Amerika Serikat, cinta terhadap Indonesia. Ikatan yang kuat dengan Indonesia terus terjalin setelah perempuan kelahiran 1962 ini kembali ke Amerika dan menetap di daerah selatan kota Philadelphia yang terletak di negara bagian Pennsylvania.

"Pada tahun 1989, saya ikut suami pindah ke Bandung, Indonesia, karena suami saya ada kesempatan belajar bahasa Indonesia," kenang Donna kepada repoter VOA, Ronan Zakaria, baru-baru ini.

Sambil mengurus anak pertamanya yang pada waktu itu masih berusia dua bulan, alumnus S-2 dari Pennsylvania Academy of the Fine Arts di Philadelphia dengan latar belakang di bidang desain grafis ini mendapat kesempatan untuk belajar membatik di sebuah pabrik batik kecil di Bandung. Ilmu membatik tersebut terus digelutinya hingga sekarang.

"Usaha kecil itu punya Pak Hasannudin yang kalau tidak salah juga kerja sebagai dosen seni rupa di ITB pada waktu itu. Beliau orang Pekalongan. Saya minta les dari Pak Hasannudin. Walaupun dia setuju, dia memang sibuk sekali, dan sebetulnya nggak bisa mengajar saya. Namun, dia bilang, kalau mau ikut, pekerja-pekerja di sana bisa mengajar saya," papar perempuan yang saat ini menekuni profesi di bidang seni lukis, ilustrasi, desain, dan kerap kali mengajarkan seni rupa.

Dua kali seminggu, Donna mendatangi pabrik tersebut untuk mempelajari seni batik tulis dan batik cap selama lebih dari dua tahun. "Itu juga membuat saya bisa belajar bahasa Indonesia karena waktu itu saya tidak bisa sama sekali," ujar perempuan yang masih fasih berbahasa Indonesia ini kemudian tertawa.

Setelah delapan tahun tinggal di Bandung, Donna dan keluarganya memutuskan untuk pindah ke Tasikmalaya dan tinggal di dekat Dadaha selama sepuluh tahun.

"Di Indonesia, saya senang karena ada slow paced of life. Lebih santai. Banyak waktu untuk ngobrol sama tetangga-tetangga," canda Donna.

Di Tasikmalaya, ia ikut membantu suaminya mendirikan dan mengurus sebuah yayasan bernama Yayasan Sumbangsih Nuansa Indonesia yang bergerak di bidang kesehatan primer, pertanian, produksi impor dan ekspor kerajinan tangan, pendidikan, perkreditan, serta kesenian.

"Saya suka mengajar seni rupa, dan ada unit kerajinan tangan. Jadi, saya bisa mendesain produk-produk seperti scarf. Saya tidak membatik scarf-nya, tetapi saya membuat desain aja, dan itu dibatik oleh orang Tasik sebetulnya," ujar perempuan yang suka memasak soto ayam dan rendang ini.

Pada tahun 2007, Donna memutuskan untuk kembali ke Amerika karena kedua anaknya sudah mulai besar. Walau demikian, menurut Donna, anak-anaknya lebih senang tinggal di Indonesia.

"Ada satu anak yang diadopsi dari Jakarta," kata perempuan yang hobi melukis dan membaca ini. "Kebetulan dia lebih seperti orang Amerika karena dia masih kecil waktu datang ke Amerika, tetapi masih ingat Indonesia karena dia (waktu itu) umur 8 tahun. Bahasanya, mungkin dia mengerti banyak, tetapi kurang bisa bahasa (Indonesia), nggak seperti kakaknya," lanjutnya.

Sekembalinya ke Amerika, Donna sebenarnya tidak tertarik untuk membatik karena ia tidak memiliki ruangan yang luas di rumahnya. "Saya baru mulai membuat batik di Amerika waktu ada guru seni rupa di SMA Katolik di Philadelphia yang minta saya mengajar muridnya dengan memakai proses tersebut," ujarnya.

Ia kemudian mengikuti American Batik Design Competition 2013 yang diadakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC pada tahun 2013. Hadiahnya adalah tur batik bersama dua pemenang lainnya ke Pekalongan. Sejak itu, Donna sering diminta untuk mengajar membatik dan kerap kali mengadakan pameran batik dan lokakarya membatik. Elemen-elemen Indonesia ia tampilkan dalam karya-karyanya.

"Misalnya, semacam pemandangan Indonesia, seperti gunung berapi atau pohon kelapa, yang saya pakai sebagai motif. Boleh lihat sendiri di website saya,  www.donnabackues.com," ujarnya.

Karya-karya batik Donna banyak mendapat pujian dari masyarakat lokal AS. Namun, sebagian besar dari mereka tidak tahu apa itu batik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com