Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunduran Diri Menhan AS Chuck Hagel Sudah Disampaikan Sebulan Lalu

Kompas.com - 25/11/2014, 04:00 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Gedung Putih menyebutkan Presiden AS Barrack Obama dan Menteri Pertahanan Chuck Hagel sudah berkomunikasi untuk pengunduran diri Chuck Hagel. Obama bahkan menyebut Hagel memiliki rekam jejak yang cukup baik.

"Keputusan yang diumumkan hari ini adalah hasil dari pembicaraan yang sudah berlangsung selama lebih dari satu bulan," kata Juru Bicara Gedung Putih Josh Ernest dalam pernyataan pers.

Disebutkan, dalam pembicaraan tersebut, kedua belah pihak telah sepakat harus ada yang segera memimpin Pentagon untuk dua tahun terakhir. "Menteri Pertahanan Chuck Hagel pergi dengan rekam jejak yang sangat baik di Kementerian Pertahanan," lanjutnya.

Sebelumnya,Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel dikabarkan akan mengundurkan diri. Pengunduran diri Hagel ini terkait kritik atas kampanye militer di Afganistan dan operasi militer melawan ISIS. (Baca: Menhan AS Chuck Hagel Mengundurkan Diri)

Seorang sumber di kalangan pemerintahan mengatakan, Presiden Obama meminta Hagel, satu-satunya politisi Republik di tim keamanannya, untuk mundur setelah melakukan serangkaian pertemuan selama dua pekan terakhir.

Sumber itu menyebut keputusan Obama untuk mengganti Hagel (68) sebagai bentuk pengakuan bahwa ancaman ISIS membutuhkan kemampuan lain yang tak dimiliki Hagel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com