Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Pakistan Kembali Tembaki Tim Vaksinasi Polio

Kompas.com - 24/11/2014, 17:21 WIB
PESHAWAR, KOMPAS.com — Kelompok Taliban, Senin (24/11/2014), menyerang pekerja kesehatan Pakistan yang tengah memulai kembali kampanye vaksinasi polio di wilayah barat laut negeri itu.

Dua orang penyerang menembaki seorang pekerja kesehatan saat dia keluar dari sebuah pusat layanan kesehatan di distrik Shabqandar yang berjarak 30 kilometer sebelah utara Peshawar, kota utama di Provinsi Khyber-Pakhthunkhwa.

Shafiullah Khan, Kepala Kepolisian Distrik Charsada, mengatakan, dua orang itu menggunakan sepeda motor dan menembaki sang pekerja kesehatan hingga melukai kepalanya. Pekerja kesehatan itu langsung dilarikan ke sebuah rumah sakit di Peshawar.

Pekerja kesehatan itu adalah anggota dalam kampanye vaksinasi tiga hari yang dimulai pada Senin untuk memberikan vaksinasi bagi 2,7 juta anak-anak di 21 distrik di provinsi itu.

Sebuah sempalan kelompok Tehreek-e-Taliban (TTP), TTP Jamat-ul-Ahrar, mengaku berada di belakang serangan tersebut.

Kelompok ini sudah sejak lama menolak vaksinasi polio karena dianggap sebagai kedok kegiatan mata-mata Barat dalam upaya untuk "mensterilkan" umat Muslim Pakistan.

Data pemerintah menyebut tahun ini tercatat 264 kasus polio di Pakistan, yang menjadi kasus polio tertinggi di negeri itu selama 14 tahun terakhir dan dua kali lebih banyak dibanding semua kasus polio di seluruh dunia tahun lalu.

Sebanyak 136 kasus polio terdapat di kawasan sabuk kesukuan yang terletak di dekat perbatasan dengan Afganistan dan merupakan kubu terkuat Taliban dan Al Qaeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com