Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua DPR Amerika Sebut Presiden Obama Seperti Raja

Kompas.com - 22/11/2014, 04:18 WIB
KOMPAS.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat, John Boehner, menuduh Presiden Barack Obama bertindak seperti raja atau kaisar dengan mengeluarkan kebijakan tentang reformasi imigrasi.

Boehner mengatakan langkah Presiden Obama akan mendorong lebih banyak imigran gelap masuk ke Amerika Serikat dan menyebabkan krisis kemanusiaan di perbatasan AS.

"Presiden Obama pernah mengatakan dirinya bukan raja atau kaisar. Tapi apa yang ia lakukan ini, jelas ia bertindak seperti raja," kata Boehner.

Ia mengatakan Presiden Obama menyabot peluang Kongres -yang didominasi politikus Republik- mengeluarkan reformasi imigrasi yang didukung baik oleh Republik maupun Demokrat.

Saat mengumumkan kebijakan besar pertama sejak Demokrat kehilangan kursi mayoritas di Kongres, Presiden Obama menegaskan bahwa keputusannya untuk sementara memberi status legal kepada setidaknya empat juta imigran gelap tidak melanggar undang-undang.

Keputusan presiden, sebagai pemegang kekuasaan eksekutif, bisa diberlakukan tanpa harus meminta persetujuan Kongres.

Berdasarkan kebijakan tersebut jutaan imigrap gelap diperbolehkan mengajukan izin kerja.

Yang berhak mengajukan izin ini antara lain adalah imigran gelap yang tinggal di AS selama lima tahun dan memiliki anak yang tinggal secara sah di negara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com