Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Kesaksian Palsu, Pria Ini Mendekam 39 Tahun di Penjara

Kompas.com - 21/11/2014, 20:34 WIB
CLEVELAND, KOMPAS.com — Seorang pria yang dituduh melakukan pembunuhan akan dibebaskan setelah mendekam 39 tahun di dalam penjara setelah terungkap kesaksian bocah 12 tahun yang memberatkan pria itu ternyata palsu.

Ricky Jackson (57) dijadwalkan bebas pada Jumat (21/11/20140 setelah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada 1975 setelah dianggap terbukti membunuh seorang penagih utang di sebuah toko di Cleveland, Ohio.

Saksi kunci kasus tersebut adalah seorang bocah berusia 12 tahun yang secara mengejutkan menarik kesaksiannya dan mengaku dia mengarang kesaksiannya itu. "Semuanya adalah kebohongan," kata Eddie Vernon, kini berusia 53 tahun, dalam sebuah sidang di Cleveland pekan ini.

Pada 1975, Eddie Vernon mengatakan kepada polisi bahwa dia melihat Ricky dan dua saudaranya, Wiley dan Ronnie Bridgeman, membunuh seorang penagih utang, Harold Franks.
Polisi menuduh ketiga pria itu memukuli Franks hingga babak belur lalu menyiram wajahnya dengan cairan asam sebelum menembak pria itu sebanyak dua kali.

Kebohongan Eddie Vernon terungkap ketika dia mengaku kepada seorang pastor bahwa dia berada di dalam bus sekolah saat pembunuhan itu terjadi dan dia tak melihat apa pun. Saat itu, Eddie hanya mendengar dua suara letupan yang menurut dia mirip suara petasan. Dia menuding Ricky dan dua rekannya semata-mata berdasarkan kisah seorang temannya.

Pekan lalu, di hadapan sebuah pengadilan di Cleveland, Eddie mengatakan, dia berbohong kepada polisi saat itu karena dia mengira telah melakukan hal yang benar. Eddie malah menuduh kepolisian Cleveland yang menjejalinya informasi dan mengancam akan memenjarakan kedua orangtuanya jika dia mengubah cerita terkait kasus pembunuhan itu.

"Semua informasi itu diberikan kepada saya. Saya tak tahu apa pun tentang apa yang terjadi di lokasi kejahatan," ujar Eddie.

Selain pengakuan Eddie, sebenarnya saat itu tak ada bukti lain yang mengaitkan ketiga pria tersebut dengan kasus pembunuhan itu. Namun, ketiga orang itu awalnya malah dijatuhi hukuman mati yang dibatalkan pada 1978 dan diganti dengan hukuman penjara seumur hidup.

Ricky Jackson kini menjadi tahanan yang paling lama menjalani masa hukumannya sebelum kemudian dibebaskan.

"Saya tak percaya semua telah berakhir. Saya akan pulang. Saya tak pernah berharap ini terjadi," kata Ricky tak bisa menahan air matanya saat mendengar kabar pembebasannya.

Rekannya, Ronnie Bridgeman, bebas setelah 25 tahun mendekam di penjara. Sementara itu, para pengacara pun kini berharap bisa membebaskan Wiley Bridgeman setelah pengakuan Eddie Vernon itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com