Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diplomat Malaysia Bantah Coba Perkosa Gadis Selandia Baru

Kompas.com - 21/11/2014, 17:15 WIB

WELLINGTON, KOMPAS.com — Seorang diplomat Malaysia, yang dituduh melakukan percobaan pemerkosaan dan perampokan di Selandia Baru, menyatakan dirinya tidak bersalah dalam persidangan di Wellington, Jumat (21/11/2014).

Muhammad Rizalman Ismail memilih untuk disidang oleh juri dan tetap berstatus bebas dengan jaminan, tetapi telah menyerahkan paspornya. Bulan lalu, ia diekstradisi ke Wellington dari Kuala Lumpur.

Sebelumnya, Rizalman telah menggunakan kekebalan diplomatiknya dan meninggalkan Selandia Baru pada Mei setelah dijerat tuduhan upaya pemerkosaan. Hengkangnya sang diplomat memicu kemarahan publik Selandia Baru dan mempermalukan kedua negara yang saling mempertanyakan kenapa hal itu bisa terjadi.

Selandia Baru kemudian mengakui pejabat mereka memberi kesan bahwa mereka tidak keberatan jika Rizalman pergi. Namun, akhirnya, Malaysia setuju untuk mengekstradisi Rizalman ke Selandia Baru untuk menghadapi proses hukum.

Diplomat berusia 38 itu bekerja di Komisi Tinggi Malaysia di Wellington sebagai asisten staf pertahanan. Ia dituduh mengikuti Tania Billingsley ke rumahnya di Brooklyn pada 9 Mei dan menyerangnya di sana.

Ia menghadapi ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara jika terbukti atas perampokan dan penyerangan dengan tujuan untuk memerkosa. Tania Billingsley mengabaikan haknya untuk tetap anonim dan memberikan wawancara televisi awal tahun ini, mengkritik cara pemerintah Selandia Baru menangani kasusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com