Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Operasikan Bus Berbahan Bakar Tinja

Kompas.com - 20/11/2014, 16:56 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Bus bertenaga kotoran manusia dan sampah makanan untuk pertama kalinya beroperasi di Inggris, melayani rute antara kota Bristol dan Bath.

Angkutan umum dengan 40 kursi ini dinamai Bio Bus, dioperasikan dengan gas biometana yang dihasilkan melalui pengolahan limbah dan sampah makanan.

Bus ramah lingkungan ini bisa menempuh jarak 300 kilometer dengan hanya satu tangki gas. Satu tangki gas ini biasanya bisa diisi dengan tinja yang berasal dari lima orang selama sehari.

Kendaraan dioperasikan perusahaan Bath Bus dan mengangkut orang dari Bandara Bristol dan pusat kota Bath. Gas biometana diambil dari pengolahan limbah Bristol, yang dijalankan oleh GENeco, anak perusahaan dari Wessex Air.

Manajer GENeco Mohammed Saddiq mengatakan, kendaraan bertenaga gas memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas udara di kota-kota Inggris.

"Namun, Bio Bus lebih dari sekadar itu dan benar-benar didukung oleh orang-orang yang tinggal di daerah setempat, termasuk sangat mungkin orang-orang di bus itu sendiri," tambah Siddiq.

Layanan dari bandara ke Bath membawa sekitar 10.000 penumpang setiap bulan. Pengolahan limbah Bristol mengolah 75 juta meter kubik limbah kotoran dan 35.000 ton limbah makanan setiap tahun.

Sebanyak 17 juta meter kubik biometana cukup untuk memberi listrik untuk 8.300 rumah, dihasilkan setiap tahun di pabrik itu melalui proses yang dikenal sebagai pencernaan anaerobik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com