Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepolisian Rusia Akan Bentuk Patroli Rusa Kutub

Kompas.com - 19/11/2014, 15:43 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Pemerintah daerah Yamalo-Nenets, di sebelah barat laut Siberia, Rusia, sedang mempertimbangkan untuk membentuk patroli polisi menggunakan rusa kutub. Langkah ini sengaja disiapkan mengingat polisi di kawasan itu menghadapi medan yang sulit, lapor surat kabar Izvestia.

Selama ini, polisi setempat memang dilengkapi dengan mobil salju. Namun, fakta bahwa wilayah tersebut termasuk daerah tundra yang membeku nyaris sepanjang tahun, membuat pemerintah setempat berpikir ulang.

"Tentu saja kami punya mobil salju, tapi harus dipahami bahwa mesin adalah mesin," kata Irina Pimkina, pejabat kementerian dalam negeri di kawasan itu.

"Mobil salju dapat mogok atau terjebak di padang kutub, tapi rusa akan terus berjalan setiap saat," lanjut Irina.

Menurut sumber surat kabar Izvestia, polisi kerap menemui kesulitan ketika harus mencari sejumlah tersangka yang melarikan diri ke padang kutub dengan menggunakan rusa. Aparat juga kadang kesulitan untuk mengangkut orang ke kantor polisi. Jasa rusa kutub diharapkan akan memudahkan tugas polisi.

Kementerian Pertahanan Rusia memiliki sekitar 150 ekor keledai dan anak kuda untuk mendampingi aparat dari kesatuan gunung. Menambahkan rusa untuk keperluan dinas aparat diizinkan dalam undang-undang

Menurut situs Russia Today, sejumlah hewan tersebut akan ditempatkan di perbatasan Finlandia-Rusia sehingga polisi dapat menggunakan hewan-hewan itu untuk berpatroli di hutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com