Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah 5 Tahun, Lulus Ujian Spesialis Microsoft

Kompas.com - 14/11/2014, 19:24 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Seorang bocah berusia lima tahun menjadi spesialis komputer termuda di dunia setelah lulus dalam ujian Microsft Windows. Ayan Qureshi, nama bocah itu, baru saja masuk sekolah dasar namun dia lulus ujian yang digelar di Universitas Birmingham City, Inggris dan kini menjadi seorang spesialis Microsoft bersertifikat.

Dengan usia yang baru memasuki 5 tahun 11 bulan, Ayan mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Mehroz Yawar asal Pakistan yang lulus ujian serupa dalam usia enam tahun.

Asim Qureshi (43), ayah Ayan, memperkenalkan komputer saat putranya itu baru berusia tiga tahun. Tak lama kemudian Asim menyadari bahwa putranya memiliki ketertarikan alami terhadap teknologi.

Ayahnya yang bekerja sebagai konsultan TI itu kemudian membangun sebuah laboratorium komputer untuk putranya di kediaman mereka di kota Coventry, Inggris. Asim juga mempersiapkan putranya untuk ikut ujian Microsoft yang dikenal sangat sulit itu.

Setelah lima bulan mempersiapkan diri, Ayan kemudian mengikuti ujian 'Supporting Windows 8.1' yang diikuti para profesional yang tentunya berusia dewasa. Dalam ujian yang digelar pada September lalu itu, Ayan berhasil menyelesaikan ujiannya lebih cepat dari waktu yang ditentukan yaitu dua jam.

"Kami sangat bangga kepada dia. Dia berencana ikut ujian lanjutan di masa depan namun kini dia harus berkonsentrasi pada sekolahnya," ujar Asim.

Asim menambahkan, sejak diperkenalkan dengan komputer dan terlihat sangat tertarik, dia langsung menjelaskan soal perangkat keras dan lunak serta mengajari Ayan cara meng-install program komputer.

"Saya melihat apapun yang saya terangkan, dia bisa mengingatnya. Jadi saya membangun sebuah laboratorium komputer di rumah kami dan dia sangat menyukainya," tambah Asim.

Ayan lahir di Lahore, Pakistan namun ayahnya ayah dan ibunya yang adalah seorang dokter pindah ke Inggris pada 2009. Meski lulus ujian, Ayan tentu tak diperkenankan bekerja dan dia harus bersabar selama delapan tahun sebelum bisa menggunakan ilmunya untuk bekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com