Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Pesawat-pesawat Kenegaraan di KTT G-20 di Brisbane

Kompas.com - 14/11/2014, 16:10 WIB
BRISBANE, KOMPAS.com — Akhir pekan nanti, KTT G-20 akan digelar di Brisbane, Australia. Sebelum membicarakan isu-isu yang akan dibahas para kepala negara G-20, ada baiknya menyorot pesawat-pesawat kenegaraan yang membawa para kepala negara itu ke Australia.

Berikut ini beberapa foto pesawat-pesawat kenegaraan yang digunakan para kepala negara G-20. Pesawat siapakah yang paling hebat?

1. Air Force One

Pesawat terbang kepresidenan AS yang dikenal dengan nama Air Force One mungkin adalah yang paling terkenal. Air Force One sebenarnya terdiri atas dua pesawat dengan nama sandi yang sama. Pesawat ini adalah sebuah Boeing 747-200B yang dirancang khusus dengan harga pembuatan 325 juta dollar AS atau hampir Rp 4 triliun untuk tiap pesawatnya. Pesawat ini mampu terbang mengitari sepertiga dunia tanpa harus mengisi ulang bahan bakar.

news.com.au Air Force One dengan disain khusus bisa mengitari sepertiga dunia tanpa harus mengisi ulang bahan bakar.
2. Pesawat Kepresidenan Rusia

Pemerintah Rusia mengirim dua pesawat terbang khusus untuk mengantar Presiden Vladimir Putin menghadiri KTT G-20 di Brisbane, Australia. Satu pesawat khusus mengangkut mobil kenegaraan Putin, sementara satu pesawat lainnya mengangkut sang Presiden dan rombongannya.

news.com.au Ini adalah pesawat buatan Rusia Ilyushin Il-76 yang digunakan untuk mengangkut mobil Presiden Vladimir Putin ke Brisbane, Australia. Pesawat ini banyak digunakan di berbagai negara dunia sebagai pesawat angkut kelas berat namun sayangnya kerap mengalami kecelakaan. Insiden terakhir terjadi di Kongo pada 2012 menewaskan 32 awak dan 26 orang di darat.
news.com.au Presiden Rusia Vladimir Putin dan rombongannya menggunakan pesawat Ilyushin Il-96 yang lebih modern dan lebih nyaman.
3. Pesawat Kepresidenan Perancis

ETEC mengoperasikan beberapa jenis pesawat terbang untuk transportasi orang nomor satu Perancis itu, yaitu Dassault Falcon 50, Dassault Falcon 900, Dassault Falcon 7X, dan Airbus. Tak ketinggalan dua unit helikopter Super Puma. Dalam perjalanan ke KTT G-20 di Brisbane, Australia, Presiden Francois Hollande menggunakan Airbus A340.

news.com.au Presiden Perancis Francois Hollande nampaknya tak ingin terlihat melakukan perjalanan kerja dengan pesawat buatan Amerika. Sehingga dia memilih menggunakan pesawat Airbus A340, buatan Perancis.
4. Pesawat Kepresidenan Indonesia

Presiden Indonesia dulu harus menyewa pesawat milik maskapai Garuda Indonesia untuk melakukan perjalanan kerja ke luar dan di dalam negeri.

Sebenarnya, AU Indonesia memiliki skuadron khusus pesawat kepresidenan. Skuadron 17 mengoperasikan Avro RJ85, Boeing 737-200, Boeing &37-400, Fokker F27-400, Fokker F28-1000, dan Lockheed C-130 Hercules.

Pada 2010, Pemerintah Indonesia menganggarkan 200 juta dollar AS untuk membeli pesawat khusus kepresidenan. Pada Februari 2012, pemerintah memesan varian BBJ2 Boeing 737-800. Pada 10 April 2014, pesawat kepresidenan itu tiba di Indonesia.

news.com.au Presiden Joko Widodo menuruni tangga pesawat kepresidenan saat tiba di Brisbane, Australia untuk menghadiri KTT G-20.
5. Pesawat Kepresidenan Australia

Pesawat resmi yang digunakan PM Australia Tony Abbott adalah dua pesawat Boeing 737-700 yang dioperasikan Angkatan Udara Australia (RAAF). Pesawat jenis ini adalah yang paling banyak digunakan di dunia, tetapi ukurannya sedikit lebih kecil dibandingkan pesawat-pesawat kenegaraan lainnya.

news.com.au Pesawat resmi yang digunakan PM Australia Tony Abbott adalah dua pesawat Boeing 737-700 yang dioperasikan Angkatan Udara Australia (RAAF). Pesawat jenis ini adalah yang paling banyak digunakan di dunia namun ukurannya sedikit lebih kecil dibandingkan pesawat-pesawat kenegaraan lainnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com