Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Ladang Ganja di Australia, Kakek 76 Tahun Dipenjara

Kompas.com - 13/11/2014, 16:32 WIB

MELBOURNE, KOMPAS.com - Seorang kakek berusia 76 tahun diganjar hukuman penjara lima tahun dalam perannya mengembangkan ladang ganja bernilai 10 juta dolar atau sekitar Rp 100 miliar, di Murray Mallee, sekitar 200 km dari ibu kota Australia Selatan, Adelaide.

George Hatsiosifidis, nama kakek tersebut, sebelumnya sudah dinyatakan bersalah atas dua tuduhan antara lain menanam sejumlah besar tanaman ganja untuk tujuan komersial.

Saat membacakan vonis, Hakim Paul Cuthbertson mengatakan Hatsiosifidis bertindak sebagai tukang kebun, mengurusi sekitar 3000 tanaman ganja, dengan melakukan pengairan dan hal lain.

Hakim Cuthbertson rmenolak alasan Hatsiosifidis bahwa dia di sana hanya untuk membantu memperbaiki pagar. "Saya yakin anda membantu menanam ganja di sana, dan anda menghabiskan cukup banyak waktu di properti tersebut," kata Hakim.

"Saya kira anda memang bukan gembong utama dalam soal ini, namun saya tidak meragukan lagi bahwa anda tahu mengenai skala bisnis besar ini." tambah Hakim Cuthbertson.

Sebelumnya, Hatisiosifidis pernah juga dinyatakan bersalah melakukan kejahatan serupa dan di pengadilan distrik Sydney di tahun 2005, dia mendapat hukuman penjara enam tahun dan harus menjalani tahanan sekurang-kurangnya dua tahun.

"Jelas sekali dari hukuman pernah anda terima, anda tidak jera untuk tidak melakukan lagi." kata Hakim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com