Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Penumpang Berkulit Hitam, Sopir Bus Swedia Dipecat

Kompas.com - 12/11/2014, 21:09 WIB
STOCKHOLM, KOMPAS.com - Seorang sopir bus di Swedia harus kehilangan pekerjaan setelah memaksa seorang penumpang berkulit hitam turun dari bus yang dikemudikannya. Demikian penjelasan pemerintah setempat, Rabu (12/11/2014).

Sopir perempuan itu dikabarkan juga beberapa menolak menaikkan penumpang yang berwajah asing di kota Kiruna. Kasus ini sudah ditangani kepolisian setempat.

Seorang pejabat kementerian transportasi Swedia Magdalena Waapling membenarkan insiden saat sopir bus itu memaksa tiga orang penumpangnya turun "karena warna kulit mereka".

"Pengemudi bus itu sudah dipecat. Kami menuntut perusahaan harus memastikan agar semua orang diperlakukan dengan setara," kata Magdalena.

Berdasarkan laporan televisi lokal, pengemudi itu juga kerap menolak untuk menaikkan penumpang dari warga minoritas  dan tidak menghentikan busnya jika melihat wajah-wajah asing menunggu di halte bus di kota yang dingin itu.

Suhu di kota Kiruna, yang terletak di lingkar Artik, kerap anjlok hingga minus 20 derajat Celcius di musim dingin.

Ironisnya, Kiruna kerap menjadi contoh kesuksesan integrasi antara para pengungsi yang terbantu dengan fakta bahwa kota berpenduduk 20.000 orang itu dibangun di atas tambang bijih besi terbesar di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com